Kamis, 11 Juli 2019 15:39

Tiket Pesawat Naik, Juga Picu Meningkatnya Warga Mengurus Paspor di Imigrasi Bengkalis

Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis sepanjang 2019 telah mengeluarkan lebih dari lima ribu lembar paspor. Warga lebih memilih transit ke luar negeri karena tingginya harga tiket penerbangan domestik.

Riauterkini-BENGKALIS- Pemberian Dokumen Perjalanan Republik Indonesia atau Paspor melalui Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis kurun waktu Januari hingga Juni 2019 tercatat, 5.654 eksemplar.

Untuk pemberian Paspor baru selama enam bulan itu sebanyak 2.774 eksemplar, pemberian karena habis masa berlaku berjumlah 2.420 eksemplar, kemudian pemberian karena Paspor penuh sebanyak 220 eksemplar, sementara itu karena hilang sebanyak 32 eksemplar.

Pemberian Paspor disebabkan rusak namun masih berlaku, sebanyak 32 eksemplar, hilang habis berlaku berjumlah 35 eksemplar, selanjutnya pemberian Paspor karena rusak habis masa berlaku sebanyak empat eksemplar, dan disebabkan adanya perubahan satu eksemplar dan berdasarkan pada jumlah halaman Paspor.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, Toto Suryanto melalui Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Jose Rizal, S.Sos kepada wartawan, Kamis (11/7/19) siang.

Disampaikan Jose, untuk penerbitan Paspor dalam kurun waktu satu semester tahun ini jumlahnya bervariasi dalam setiap bulan. Tertinggi di Januari 2019 sebanyak 1.100 eksemplar dan pada Juni 2019 kemarin sebanyak 1.250 eksemplar.

"Januari dan Juni kemarin yang cukup signifikan pengurusan Paspor itu terjadi kenaikan," katanya lagi.

Menurutnya, peningkatan pembuatan Paspor terutama Juni kemarin diperkirakan karena tren warga untuk menghadapi liburan. Kemudian dari wawancara calon pemegang Paspor menyebutkan, meskipun akan berpergian masih dalam negeri (Pulau Jawa), namun akan melalui transit luar negeri karena harga tiket pesawat cenderung lebih murah, seperti dari Singapura atau Malaysia.

"Jadi meningkatnya penerbitan Paspor diantaranya juga pada saat liburan ada peningkatan, namun ada juga pembuatan Paspor oleh keinginan warga untuk ke luar negeri untuk menggunakan pesawat transit tujuan Pulau Jawa karena harga lebih murah," imbuhnya.***(dik)

Foto : Warga mengurus dokumen Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang