Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Pertamina SMEXPO 2023 Pekanbaru Sukses, UMKM Raup Omset Hingga Rp130 Juta

Riauterkini-PEKANBARU– Pameran Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru, Riau berlangsung sukses dan lancar. Sebanyak 30 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Rumah BUMN dan Pertamina Grup berhasil meraup total omset lebih dari Rp130 juta.

SMEXPO 2023 yang berlangsung di Atrium Utama Mal Living World, pada 15 hingga 19 November 2023 dilaksanakan sebagai bentuk dukungan penuh Pertamina dalam memajukan UMKM Lokal. Mengusung tema “Melangkah dari Lokal ke Global", SMEXPO 2023 membuka kesempatan bagi pelaku UMKM lokal memperkenalkan produknya secara luas.

“Pertamina SMEXPO merupakan bentuk nyata dari komitmen Pertamina terhadap pilar-pilar keberlanjutan, terutama dalam mengimplementasikan program pembinaan sebagai bagian inklusif dari Pertamina Sustainable Economy,” kata CEO Rumah Muda BUMN Dian Pratomo, Senin (20/11/20230).

Melalui sejumlah kegiatan workshop, pelaku UMKM diberi kesempatan untuk membangun jaringan sesama UMKM. Mulai dari berbagi kisah inspiratif untuk saling memotivasi serta menambah ilmu kiat-kiat meningkatkan kualitas produk, mengenali pangsa pasar hingga pemasaran lewat teknologi digital.

SMEXPO 2023 sekaligus menjadi ajang mempertemukan UMKM dengan calon pembeli. Bukan hanya masyarakat umum, tapi juga datang dari pebisnis pariwisata, perusahaan hingga turis mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan terjalinnya Memorandum Of Understanding (MoU) untuk kemajuan bersama antara UMKM binaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR ) Graha Pratama Fish dengan perusahaan tour and travel Kampung Patin Tour.

Kerja sama keduanya meliputi penyediaan paket wisata edukasi perikanan khas Kampung Patin, hingga pelatihan perikanan terpadu mulai dari budi daya, pengelolaan pakan hingga pengolahan hasil perikanan.

Kerja sama di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat juga terjalin antara Bank Sampah Agrowisata Ibnu Al Mubarok binaan PHR dengan Fakultas Studi Islam, Universitas Muhammadiyah Riau.

UMKM binaan Pertamina dan Rumah BUMN turut mendapat dukungan penuh dari Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang siap memberikan pelatihan pengembangan aplikasi pemasaran media digital kepada UMKM.

“Pertamina SMEXPO 2023 juga memberi ruang bagi UMKM inklusi atau komunitas disabilitas yang kami disebut Sobat Istimewa, Ini dilakukan untuk mengapresiasi kreatifitas dalam bentuk karya dan prestasi sobat istimewa kita yang dituangkan dalam berbagai produk unggulan,” ucap Dian.

Lima hari pelaksanaan pameran UMKM, pengunjung baik lokal maupun wisatawan mancanegara tampak antusias mengunjungi booth UMKM binaan Rumah BUMN dan Pertamina Grup.

SMEXPO 2023 juga memberikan kesempatan bagi Perwira dan Pertiwi (pekerja) berkontribusi dalam mendukung UMKM Lokal agar naik kelas. Lewat Program Pertamina Got Talent lomba Desain Aplikasi dan Desain Produk, pekerja Pertamina memberikan karya-karya terbaiknya guna mendorong UMKM segera memanfaatkan peluang pemasaran lewat media digital.

Adapun para pemenang lomba untuk Desain Aplikasi yakni Lamdamastra Arliyanto dan Dian Syarif Nasution. Keduanya menciptakan aplikasi untuk membantu menghubungkan pelaku UMKM dengan konsumen. Sedangkan lomba Desain Produk dimenangkan oleh Rita Kusrina dan Rachmad Haidir Marbun.

Pj Wali Kota Pekanbaru, melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Mahyudin menyampaikan apresiasi kepada Pertamina dan Rumah BUMN atas komitmennya dalam mendukung pengembangan UMKM lokal baik di Pekanbaru maupun di Provinsi Riau pada umumnya.

“Terima kasih kepada Pertamina yang sudah memberikan kontribusi nyata terhadap UMKM lokal. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional,” katanya.

Pemko Pekanbaru berharap UMKM yang sudah mendapat pembinaan dari Pertamina terus mengembangkan potensinya dan tidak mudah menyerah. UMKM didorong terus berinovasi memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran agar bisa menembus pasar internasional.

“Kami Pemko Pekanbaru juga berusaha bagaimana UMKM di Pekanbaru berkembang dan maju. Di tahun ini, kami telah memberikan program bantuan subsidi bunga bantuan bagi pelaku UMKM melalui dana APBD. Inilah bentuk perhatian Pemko Pekanbaru agar ekonomi masyarakat terus bergerak,” tukasnya.

Pertamina SMEXPO diiktui 30 UMKM binaan sejumlah anak perusahaan Pertamina dan Rumah BUMN dari berbagai kategori seperti produk fesyen, makanan dan minuman, furniture, kriya dan agrobisnis.

Acara SMEXPO diisi dengan berbagai kegiatan dan terbuka untuk umum seperti dialog bisnis, pelatihan, marketplace, fashion show yang ditampilkan siswa SMKN 3 Pekanbaru, workshop pembuatan kerajinan lidi sawit dan ecoprinting dan banyak hiburan lainnya: live music dari artis ibu kota dan yang tak kalah menarik yakni festival dan kompetisi kopi.***(rls)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 15 Juli 2024

Pengukuhan IMRA RAPP: Semangat Ukhuwah dan Dakwah di Riau Kompleks

Pengukuhan IMRA RAPP yang baru saja berlangsung merupakan wujud semangat ukhuwah dan dakwah di Riau Kompleks.

Galeri
Selasa, 16 Juli 2024

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pengelolaan Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pengelolaan Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

Advertorial
Sabtu, 13 Juli 2024

Beri Pelayanan Kesehatan Terbaik, Pemkab Siak Siapkan Rp 37 Miliar Dukung UHC

Pemkab Siak siapkan anggaran Rp 37 miliar dukung UHC. Wujudkan layanan kesehatan terbaik.

Advertorial
Jumat, 12 Juli 2024

Gelar Pasar Murah Upaya Pemkab Siak Tekan Inflasi

Pemkab Siak punya cara jitu atasi inflasi. Sesering mungkin gelar Pasar murah.

Galeri
Senin, 24 Juni 2024

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tata Laksana Penyelenggaraan SKAMRT dan IKL TFU, TPP, Sarana Air Minum dan Fasyankes di Inhil Tahun 2024

Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tata Laksana Penyelenggaraan SKAMRT dan IKL TFU, TPP, Sarana Air Minum dan Fasyankes di Inhil Tahun 2024. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Sabtu, 06 Juli 2024

Bawaslu Riau Raih Penghargaan Kehumasan pada Pelaksanaan Pemilu 2024

Bawaslu Riau Raih Penghargaan Kehumasan pada Pelaksanaan Pemilu 2024.

Berita Lainnya

Sabtu, 20 Juli 2024

Antisipasi Lakalantas, 50 Siswa SMKN 5 Pekanbaru Ikuti Pendidikan Honda Safety Riding


Sabtu, 20 Juli 2024

Penjual Sabu di Sungai Salak Inhil Diringkus Polisi


Sabtu, 20 Juli 2024

Dua Petinggi Partai Gerindra dan Demokrat Hadiri Deklarasi Nasir - Wardan


Sabtu, 20 Juli 2024

PON Aceh-Sumut, Satu Pebasket Putri Bengkalis Perkuat Riau


Sabtu, 20 Juli 2024

Polres Inhil Sertijab Kabag Log, Kasat Binmas dan Dua Kapolsek


Sabtu, 20 Juli 2024

Dishub Riau Bersama Ditlantas Jaring 118 Kendaraan Penumbar di Pelalawan


Sabtu, 20 Juli 2024

DXPO by Danamon di Central Park Mall, Tawarkan Berbagai Solusi Keuangan dan Promo Istimewa


Sabtu, 20 Juli 2024

Beli Tiket Speed Boad Kian Mudah, Easybook E-Ticketing Segera Hadir di Kota Tembilahan.


Sabtu, 20 Juli 2024

Direktur BRK Syariah Hadiri Peresmian Gedung Kantor Bersama Samsat Kota Dumai


Sabtu, 20 Juli 2024

Polisi Ringkus Tersangka Pemerkosa dan Aniaya Mahasiswa di Bengkalis


Jumat, 19 Juli 2024

Menuju Pilgubri, Ketum Golkar Serahkan SK Calon Gubernur Riau Syamsuar - Mawardi Saleh


Jumat, 19 Juli 2024

Rajak Parulian Terpilih sebagai Ketua Apdesi Pelalawan 2024-2029


Jumat, 19 Juli 2024

Nyaris Timpa Pengendara Sepeda Motor, Sebagian Atap Pentas Lapangan Tugu Bengkalis Runtuh


Jumat, 19 Juli 2024

Dilaporkan Hilang Empat Hari, Seorang Kakek di Pekanbaru Ditemukan Meninggal Dunia


Jumat, 19 Juli 2024

Jumat Berkah, Perempuan LAM Riau Bagikan Makanan Melayu untuk Warga


Jumat, 19 Juli 2024

Deklarasi Pasangan Nasir-Wardan Besok Dihadiri Petinggi DPP Gerindra


Jumat, 19 Juli 2024

Kadiskes Inhu Uji Coba IPAL Puskesmas Air Molek


Jumat, 19 Juli 2024

Pj Sekda Indra Launching Sistem Elektronik Layanan Aduan Digital di RSUD Petala Bumi


Jumat, 19 Juli 2024

Rahn Emas Tumbuh, BRK Syariah Taja Pelatihan dan Sertifikasi Penaksir Emas


Jumat, 19 Juli 2024

Gelar Ngopi Kerukunan, Wabup Siak Sebut Peran FKUB Signifikan Bantu Pemerintah Daerah