Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Pawai Ta'ruf MTQ Ke XLI Riau, Kafilah Rohul Terpanjang dan Teramai

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN-Pembukaan Pawai Ta'ruf Musabaqoh Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Riau ke XLI (41) tahun 2023 di Kabupaten Indragiri Hulu (INHU) dilepas secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau Masrul Kasmy, di Taman Kota Ruang Terbuka Hijau Kota Rengat, Sabtu (11/11/2023).

Kehadiran Asisten I didampingi Ketua LPTQ Provinsi Riau dan Kemenag Provinsi Riau disambut dengan rangkaian tari persembahan dan dijemput langsung oleh Bupati Wali Kota se-Provinsi Riau.

Dari Rokan Hulu sendiri turut hadir dan memeriahkan pelaksanaan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Inhu bersama Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, Wakil Bupati Rohul H.Indra Gunawan, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra, ST,M.Si, Sekretaris Daerah Rohul Muhammad Zaki,S.STP,M.Si.

Turut hadir juga, Ketua TP PKK Rohul Hj.Peni Herawati Sukiman, Ketua GOW Rohul Ny. Sri Yulita Indra Gunawan, Ketua DWP Ny. Siska Irdaningsih Zaki, Ketua IKKD Rohul Helna Manda Hayati.

Sementara rombongan pawai ta'ruf dari Rokan Hulu dihadiri Seluruh Pejabat Eselon II, Eselon III Dinas, Para Camat se Rokan Hulu, Kades se Rokan hulu beserta para ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE pada sambutannya menjelaskan bahwa adanya beberapa keunikan dalam pelaksanaan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau di Rengat, dimana pada pelaksanaan MTQ ini sengaja dipusatkan di kawasan Objek Wisata Danau Raja Kota Rengat sama halnya dengan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau pada tahun 2011 yang silam, selain dari pada itu, Lokasi ini juga sengaja dipilih sebab Danau Raja ini merupakan Satu diantara Dua Danau yang berada di tengah tengah Kota.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Inhu berharap dan mengajak kepada seluruh Bupati dan Wali Kota, serta Wakil Bupati dan Wakil Wali Kota, se Provinsi Riau beserta rombongan untuk dapat bersama sama meramaikan dan memeriahkan serta mensukseskan pelaksanaan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Inhu.

Selanjutnya, Asisten 1 Masrul Kasmy dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hulu yang telah disiapkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten dan masyarakat. Ia berharap kegiatan MTQ ini dapat menjadi ajang silaturahmi antar daerah di Provinsi Riau, sekaligus sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas peserta dalam bidang tilawah Al-Quran.

"Kegiatan MTQ adalah momen yang sangat penting untuk terus meningkatkan kecintaan kita kepada Al-Quran dan meningkatkan pemahaman kita dalam memahami isi kandungan Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam. Saya berharap, seluruh peserta yang bertanding dalam MTQ ini dapat menampilkan kemampuan terbaik mereka dan menjadikan ajang ini sebagai sarana menjalin ukhuwah, mempererat tali silaturahmi serta memajukan pembangunan Provinsi Riau,", ujar Asisten 1 Masrul Kasmy mewakili Plt Gubernur Riau.

Masrul juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan di Kabupaten Indragiri Hulu dan sekitarnya untuk bersama-sama mensukseskan penyelenggaraan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau ini, dengan melibatkan segenap potensi yang ada dalam masyarakat dan pemerintah daerah. Ia mengingatkan bahwa kesuksesan MTQ ini juga menjadi bagian dari pembangunan Indragiri Hulu dan Provinsi Riau pada umumnya, khususnya dalam bidang keagamaan dan sosial budaya.

Selain dari pada itu dengan helatan MTQ ini juga akan menambah pendapatan para UMKM yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu.

Setelah itu, acara Pawai Ta'ruf peserta MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau pun resmi dimulai, diikuti oleh perwakilan dari kabupaten/kota se-Provinsi Riau, yang memamerkan kekayaan budaya dan keunikan daerah masing-masing. Para peserta pawai ta'ruf menampilkan berbagai atraksi, seni budaya, serta kostum yang menarik perhatian masyarakat sekitar dan para pengunjung. Pawai ta'ruf ini juga menjadi ajang promosi dan pariwisata bagi masing-masing daerah yang terlibat.

Selama penyelenggaraan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau, berbagai rangkaian kegiatan keagamaan, lomba, dan seni budaya diadakan untuk mengisi acara sesuai tema kegiatan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang pertukaran informasi, pengalaman, serta kolaborasi antar daerah di Provinsi Riau dalam mengembangkan potensi masing-masing, terutama dalam bidang keagamaan dan pembangunan.

Melihat begitu ramai antusias dari Kabupaten Rokan Hulu dalam mengikuti Pawai ini, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman bersama Ketua TP PKK dan Wakil Bupati H.Indra Gunawan Bersama Ketua GOW terlihat bangga atas semangat dari para peserta Pawai Rohul yang tetap eksis dan memberikan penampilan terbaik.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman berharap dalam pelaksanaan MTQ ke XLI Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Inhu ini Rokan hulu bisa meraih Juara Umum, hal ini dilihat dari semangat para peserta baik dari Rombongan Pawai hingga para Kafilah Rokan hulu yang akan bertanding.

Pawai Ta'ruf dilepas secara resmi oleh Plt Gubernur Riau yang diwakili Asisten 1 Provinsi Riau diawali dari Rombongan Pawai dari Kabupaten Kuantan Singingi dilanjutkan dari Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten SIAK, Kabupaten Rokan Hulu, diikuti Kabupaten Meranti dan Kabupaten Kota lainnya. ***(am/Diskominfo Rohul).

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Selasa, 11 Juni 2024

Komisi V DPRD Riau Hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Sumut

Komisi V DPRD Provinsi Riau hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Galeri
Selasa, 11 Juni 2024

Pansus Ranperda Pariwisata Berbudaya Melayu Gelar Raker Lanjutan

Panitia Khusus Ranperda Penyelenggaraan Pariwisata Berbudaya Melayu melakukan rapat kerja lanjutan bersama Biro Huku Setdaprov Riau. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Minggu, 09 Juni 2024

Gerak Cepat, 2 Anak Perusahaan Riau Petroleum Teken CA WK Bentu dan WK Malacca Strait

Gerak Cepat, dua anak perusahaan Riau Petroleum lakukan penandatanganan CA WK Bentu dan WK Malacca Strait.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

Sentra UMKM BRK Syariah Permudah Nasabah Mengurus Sertifikat Halalnya

Sentra UMKM BRK Syariah berkomitmen membantu nasabah dalam pengurusan sertifikat halal untuk produk-produk usahannya.

Galeri
Senin, 03 Juni 2024

Diresmikan Presiden Jokowi, Pimpinan DPRD Riau Hadiri Peresmian Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Pimpinan DPRD Riau Yulisman dan Wakil Ketua DPRD Agung Nugroho, turut menghadiri peresmian jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

Berita Lainnya

Jumat, 21 Juni 2024

Diharap Lebih Optimal, Pemprov Riau Tetapkan Delapan UPT Terapkan BLUD


Jumat, 21 Juni 2024

Sambut HUT ke-78 Polri, Polsek Bangko Pusako Bagikan Bansos


Jumat, 21 Juni 2024

Bangun Generasi Muda Cerdas dan Melek Keuangan, OJK Riau Gelar Bootcamp Duta Literasi Keuangan 2024


Jumat, 21 Juni 2024

Perluas Program PSR Pola Off Taker Aktif, PTPN IV PalmCo Rekor Tanam Ulang Tercepat Nasional


Jumat, 21 Juni 2024

Bupati Rohil Afrizal Sintong Buka Festival Ekraf Kemilau Bagan 2024


Kamis, 20 Juni 2024

Diversi, Kejari Bengkalis Hentikan Tuntutan Kasus Anak Berhadapan Hukum


Kamis, 20 Juni 2024

Start Fun Run Kemenpora, Ratusan Pelari Memulai Langkah Depan Mess Pemda Rohil


Kamis, 20 Juni 2024

Pemprov Riau Harap KUR Bagi Nelayan Dapat Mengangkat Kesejahteraan


Kamis, 20 Juni 2024

PSU di Dumai, Bawaslu Dumai Pastikan Lakukan Pengawasan Maksimal


Kamis, 20 Juni 2024

Meriahnya Turnamen Futsal Antar IKAPD, Anggota DPRD Riau dan Kampar Sempat Bentrok di Semi Final


Kamis, 20 Juni 2024

Bupati Apresiasi Turnamen Bulutangkis Kapolres Pelalawan Cup HUT ke-78 Bhayangkara


Kamis, 20 Juni 2024

Lusa, Umri Kukuhkan 394 Lulusan pada Wisuda Sarjana dan Diploma III ke 26


Kamis, 20 Juni 2024

Manjakan Konsumennya, Modena dan Global Bangunan Hadirkan Promo dan Cooking Demo Seru Double Lucky Dip


Kamis, 20 Juni 2024

Mei 2024, Nilai Ekspor Riau Capai US$ 1,32 Miliar


Kamis, 20 Juni 2024

Polda Riau Siap Amankan PSU Pileg dan Pilkada 2024 Provinsi Riau


Kamis, 20 Juni 2024

Bupati Kuansing Hadiri Sosialisasi Program Peningkatan Mutu SDM-BIE-D


Kamis, 20 Juni 2024

Gandeng BPDPKS, Samade Tingkatkan Wawasan Petani Lewat FGD Program Sarpras


Kamis, 20 Juni 2024

Todong Pelayan Cafe Pakai Senpi, Pria di Ujung Batu-Rohul Ditangkap Polisi


Kamis, 20 Juni 2024

Gelar Parade Bhineka Tunggal Ika Agustus Mendatang, FPK Riau Audiensi ke Kapolda Riau


Kamis, 20 Juni 2024

Selain tak Mengakui Syamsurizal Sebagai Ketua DPW, Pengurus juga Segel Kantor PPP Riau