Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Galeri foto,
Harmoni dalam Keragaman di Pekan Seni Budaya Riau Kompleks 2023

Riauterkini-PANGKALANKERINCI-Warga Riau Kompleks di lingkungan perusahaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) beramai-ramai mengunjungi perhelatan akbar Pekan Seni dan Budaya (PSB) Riau Kompleks 2023 yang kembali digelar pada 20 -26 Agustus 2023 di Lapangan Merdeka, Town Site 1 Riau Kompleks, Pangkalan Kerinci, Riau.

PSB merupakan agenda tahunan paguyuban Riau Kompleks yang menampilkan kekayaan budaya, keindahan seni serta beragam kuliner tradisional nusantara, diselenggarakan selama sepekan penuh oleh 11 paguyuban yang bergantian menjadi panitia pelaksana. PSB dilaksanakan untuk merayakan keberagaman suku bangsa, mempererat persatuan dan kekeluargaan diantara sesama karyawan. PSB merupakan representasi dari Taman Mini Indonesia Indah di Riau Kompleks. Acara yang ditampilkan beragam, mulai dari pawai budaya, pameran stand budaya, penampilan seni hingga pameran makanan tradisional.



PSB Riau Kompleks 2023 mengangkat tema “kita Indonesia, berbudaya, berbhineka dan Bersatu”. Paguyuban Ikatan Keluarga Nias (IKN) menjadi panitia pelaksana PSB 2023, acara terlihat semarak dan meriah. Setiap paguyuban mengerahkan kreativitas seni dan penampilan terbaik mereka sehingga mampu memukau pengunjung dengan penampilan dari paguyuban yang menampillan ciri khas budaya masing-masing.

Menariknya lagi, setiap peserta yang tampil merupakan karyawan dan keluarganya. Mereka yang sehari-hari bekerja di mill sebagai teknisi atau forester bisa tampil berbeda di atas panggung memerankan tokoh tradisional dari daerah asalnya. Walau hujan sempat mengguyur pelepasan peserta pawai budaya, namun semangat peserta pawai tidak surut hingga acara selesai.



Menurut Mill and Operational Support Director, Muhammad Ali Shabri Nasution, ada yang berbeda pada pelaksanaan PSB tahun ini. Ali Shabri menilai setiap paguyuban sanagt bersemangat dan menampilkan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya.

“Saya menilai penampilan pada saat pawai, penampilan seni hingga stand PSB tahun ini sangat bagus, peserta menunjukkan loyalitas dan penjiwaan tinngi terhadap budaya. Salah satu yang menonjol di Riau Kompleks adalah Harmonisnya kehidupan masyarakat Riau Kompleks, dan itu susah ditemukan di tempat lain,” ungkap Ali Shabri.

Pengunjung tumpah ruah memadati Lapangan Merdeka setiap harinya agar bisa menikmati keberagaman budaya nusantara sekaligus wisata kuliner di berbagai stand makanan yang ada di PSB 2023.



Bupati Pelalawan H. Zukri bersama Forkopimda Pelalawan dan pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Pelalawan berkesempatan membuka iven ini secara resmi. Bupati Zukri mengapresiasi pelaksanaan pasar rakyat ala RAPP ini yang bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-78.

“Saya begitu terkesan dengan Pekan Seni Budaya Riau Kompleks ini, antar paguyuban saling kompak. Apalagi pelaksanaannya masih dalam suasana HUT Republik Indonesia Merdeka. Cara kita mensyukuri kemerdekaan adalah dengan merawat persatuan negeri ini,” ucap Zukri.



Sementara itu COO RAPP, Eduward Ginting dalam sambutannya mengatakan bahwa Riau Kompleks merupakan suatu kapal yang besar. Kapal yang berisi keberagaman adat dan budaya yang berbeda namun tetap satu. Persatuan itu membuat paguyuban yang ada di Riau Kompleks menjadi kuat dalam menjalankan roda usaha Royal Golden Eagle (RGE).

"Selain itu kita juga memiliki karyawan expatriat yang juga memiliki budaya yang indah dari negara asalnya, bersama-sama kita membangun Riau Kompleks. Malam PSB ini adalah malam kebersamaan antar paguyuban, antar warga Riau Kompleks. Harapan kita adalah untuk memberikan yang terbaik bagi Riau Kompleks,” ujar Eduwad Ginting.



Dhea Maharani, mahasiswi semester 7 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (UIR) yang sedang menjalani program magang di RAPP merasa takjub kekompakan dan totalitas karyawan pada pelaksanaan PSB 2023.

“Wah seru sekali PSB di Riau Kompleks, baru kali ini saya melihat karyawan tidak hanya profesional dalam pekerjaan mereka tapi juga bisa tampil maksimal di atas panggung,” ujar Dhea yang sedang menjalani magang di departemen Corporate Communication.



Paguyuban Tunggal Warga (Punggawa) berhasil keluar sebagai juara umum di PSB tahun 2023 setelah keluar sebagai juara 1 pawai budaya, juara 1 stand dan juara 3 pentas seni budaya.

11 paguyuban yang berada di lingkungan perusahaan RAPP adalah; Ikatan Melayu Riau (IKMR), PERMASA (Persatuan Masyarakat Aceh), Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (HIKMAT), Ikatan Karyawan Batak Toba (IKABA), Margasilima, Ikatan Minang Riau Kompleks (IKM-RK), Ikatan Keluarga Nias (IKN), Ikatan Keluarga Asal Sumatera Selatan (IKAS), Pandan Wangi (Asal Pasundan, Jawa Barat), Pagayuban Tunggal Warga (PUNGGAWA) dan Ikatan Keluarga Tionghoa (IKT).***(rls)

Ket Foto: Pawai Budaya oleh 11 paguyuban di Riau Kompleks mempertunjukkan keragaman dan keindahan budaya nusantara pada Pekan Seni dan Budaya Riau Kompleks. 2023

Malam penampilan seni budaya oleh paguyuban Riau Kompleks.

Bupati Pelalawan H. Zukri membuka Pekan Seni dan Budaya Riau Kompleks di lingkungan PT Riau Andalan Pulp and Paper.

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Selasa, 11 Juni 2024

Komisi V DPRD Riau Hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Sumut

Komisi V DPRD Provinsi Riau hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Galeri
Selasa, 11 Juni 2024

Pansus Ranperda Pariwisata Berbudaya Melayu Gelar Raker Lanjutan

Panitia Khusus Ranperda Penyelenggaraan Pariwisata Berbudaya Melayu melakukan rapat kerja lanjutan bersama Biro Huku Setdaprov Riau. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Minggu, 09 Juni 2024

Gerak Cepat, 2 Anak Perusahaan Riau Petroleum Teken CA WK Bentu dan WK Malacca Strait

Gerak Cepat, dua anak perusahaan Riau Petroleum lakukan penandatanganan CA WK Bentu dan WK Malacca Strait.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

Sentra UMKM BRK Syariah Permudah Nasabah Mengurus Sertifikat Halalnya

Sentra UMKM BRK Syariah berkomitmen membantu nasabah dalam pengurusan sertifikat halal untuk produk-produk usahannya.

Galeri
Senin, 03 Juni 2024

Diresmikan Presiden Jokowi, Pimpinan DPRD Riau Hadiri Peresmian Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Pimpinan DPRD Riau Yulisman dan Wakil Ketua DPRD Agung Nugroho, turut menghadiri peresmian jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

Berita Lainnya

Jumat, 21 Juni 2024

Diharap Lebih Optimal, Pemprov Riau Tetapkan Delapan UPT Terapkan BLUD


Jumat, 21 Juni 2024

Sambut HUT ke-78 Polri, Polsek Bangko Pusako Bagikan Bansos


Jumat, 21 Juni 2024

Bangun Generasi Muda Cerdas dan Melek Keuangan, OJK Riau Gelar Bootcamp Duta Literasi Keuangan 2024


Jumat, 21 Juni 2024

Perluas Program PSR Pola Off Taker Aktif, PTPN IV PalmCo Rekor Tanam Ulang Tercepat Nasional


Jumat, 21 Juni 2024

Bupati Rohil Afrizal Sintong Buka Festival Ekraf Kemilau Bagan 2024


Kamis, 20 Juni 2024

Diversi, Kejari Bengkalis Hentikan Tuntutan Kasus Anak Berhadapan Hukum


Kamis, 20 Juni 2024

Start Fun Run Kemenpora, Ratusan Pelari Memulai Langkah Depan Mess Pemda Rohil


Kamis, 20 Juni 2024

Pemprov Riau Harap KUR Bagi Nelayan Dapat Mengangkat Kesejahteraan


Kamis, 20 Juni 2024

PSU di Dumai, Bawaslu Dumai Pastikan Lakukan Pengawasan Maksimal


Kamis, 20 Juni 2024

Meriahnya Turnamen Futsal Antar IKAPD, Anggota DPRD Riau dan Kampar Sempat Bentrok di Semi Final


Kamis, 20 Juni 2024

Bupati Apresiasi Turnamen Bulutangkis Kapolres Pelalawan Cup HUT ke-78 Bhayangkara


Kamis, 20 Juni 2024

Lusa, Umri Kukuhkan 394 Lulusan pada Wisuda Sarjana dan Diploma III ke 26


Kamis, 20 Juni 2024

Manjakan Konsumennya, Modena dan Global Bangunan Hadirkan Promo dan Cooking Demo Seru Double Lucky Dip


Kamis, 20 Juni 2024

Mei 2024, Nilai Ekspor Riau Capai US$ 1,32 Miliar


Kamis, 20 Juni 2024

Polda Riau Siap Amankan PSU Pileg dan Pilkada 2024 Provinsi Riau


Kamis, 20 Juni 2024

Bupati Kuansing Hadiri Sosialisasi Program Peningkatan Mutu SDM-BIE-D


Kamis, 20 Juni 2024

Gandeng BPDPKS, Samade Tingkatkan Wawasan Petani Lewat FGD Program Sarpras


Kamis, 20 Juni 2024

Todong Pelayan Cafe Pakai Senpi, Pria di Ujung Batu-Rohul Ditangkap Polisi


Kamis, 20 Juni 2024

Gelar Parade Bhineka Tunggal Ika Agustus Mendatang, FPK Riau Audiensi ke Kapolda Riau


Kamis, 20 Juni 2024

Selain tak Mengakui Syamsurizal Sebagai Ketua DPW, Pengurus juga Segel Kantor PPP Riau