Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Menuju Siak Hijau, CIFOR Gelar Riset Aksi Partisipatif

Riauterkini-PEKANBARU- Indonesia Deputy Country Director CIFOR-ICRAF Indonesia, Prof. Herry Purnomo menyampaikan bahwa upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan perlu mengedepankan partisipasi masyarakat. Artinya, CIFOR (Pusat Penelitian Kehutanan Internasional) menyerap aspirasi masyarakat kemudian difasilitasi untuk pelaksanaan ide di kampung terpilih di Kabupaten Siak.

Hal itu diungkapkan Herry Purnomo dalam kegiatan Kunjungan Lapang (Kunlap) dan Lokakarya Media "Mengapa Masyarakat Penting dalam Pencegahan Kebakaran dan Restorasi Lahan Gambut Menuju FOLU Net Sink 2030 dan Pemulihan Ekonomi Pasca COVID-19" yang dilaksanakan di Siak 28-30 November 2022.

Menurutnya, CIFOR sudah melakukan rangkaian kegiatan aksi pembangunan model bisnis pencegahan karhutla dan restorasi gambut di Kampung Kayu Ara permai dan Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Setelah berdialog dengan warga dan kepala desa di wilayah tersebut, mereka ingin mengembangkan beragam model bisnis wanatani misalnya wanatani kopi dan kelapa.

"Jadi CIFOR menyerap ide-ide di lapangan untuk membangun model bisnis berbasis masyarakat. Apa value yang ingin dikembangkan dari kampung tersebut. Kemudian mencoba untuk menerapkannya di lapangan. Sehingga nantinya masyarakat mempunyai penghidupan yang ramah gambut," terangnya.

Kepala Bappeda Siak, Dr. Wan Muhammad Yunus yang juga Ketua Sekretariat Siak Hijau mengatakan bahwa komitmen Pemkab Siak dalam menginisiasi dan menyusun regulasi dan rencana aksi tentang Siak Hijau, yang saat ini sudah di-Perda-kan. Kolaborasi di seluruh komponen Siak Hijau mendukung terlaksananya tujuan dan komitmen dari inisiatif ini.

Inisiatif Siak Hijau penting, menurutnya, karena sebagian besar wilayah Siak itu adalah tanah gambut. Salah satu tujuan Siak Hijau itu adalah memberdayakan lahan gambut secara baik berbasis ekologi untuk kehidupan masyarakat, misalnya dengan menerapkan pembukaan lahan tanpa bakar.

"Adanya Siak Hijau ini untuk mencapai tujuan Siak sebagai kabupaten yang lestari. Beberapa komitmen Pemkab dapat terlihat dalam upaya-upaya perlindungan hak adat, penurunan emisi gas kaca, pembagian wilayah menjadi beberapa zona yakni zona konservasi, tanaman pangan, industri, perumahan dan lainnya," terangnya.

Ada kawasan ribuan hektar di kampung kampung di wilayah Kabupaten Siak yang menjadi target pembenahan Pemkab Siak selanjutnya. Ia berharap hasil penelitian CIFOR bisa diterapkan sehingga hutan bisa terus terjaga dan perekonomian masyarakat daerah tersebut meningkat.

Kegiatan Riset Aksi Partisipatif, kunlap dan lokakarya media yang dilakukan oleh CIFOR dan mitra mendapat dukungan dari Wakil Bupati Siak, Husni Merza. Wabup Siak mengatakan bahwa di Siak, lebih dari 50 persen itu wilayahnya bertanah gambut. Sebagian lagi tanah mineral.

Tanah mineral di Siak perizinan nya sudah dipegang oleh perusahaan industri kehutanan besar dan pemilik modal. Perusahaan yang area lokasi operasional nya di tanah gambut adalah perusahaan yang hadir belakangan dan tidak kebagian lokasi tanah mineral. Sisanya itulah yang dimiliki oleh masyarakat umum.

Masyarakat yang memiliki tanah di lahan gambut mengelola tanah nya sesuai sepengetahuannya dan sesuai kemampuannya. Terutama saat melakukan pembersihan lahan sehingga mereka cenderung memilih cara yang mudah dan murah. Namun perlu ada upaya-upaya untuk memilih metode penyiapan dan pengelolaan lahan gambut yang ramah lingkungan.

Beberapa tahun belakangan ini, menurut Wabup Siak, langit Siak sudah membiru setelah di beberapa tahun sebelumnya langit Siak gelap tertutup asap. "Saat orang-orang baru memakai masker saat pandemi, warga Siak justru memakai masker jauh hari sebelum masa pandemi. Tentunya untuk melindungi diri dari kabut asap yang membuat sesak nafas warga." terangnya.

"Kami mengapresiasi CIFOR yang melaksanakan programnya di Siak. Apalagi program untuk meminimalisir kebakaran hutan dan lahan. Hal itu kita sambut dengan tangan terbuka. Diharapkan hasil dari riset CIFOR bisa diterapkan di Siak sehingga ke depannya Siak bisa di minimalisir kebakaran hutan dan lahan dan masyarakat nya sejahtera," pungkas Wabup Siak.*( H-we)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Kamis, 08 Pebruari 2024

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Advertorial
Kamis, 14 Desember 2023

Tangkal Hoaks Pemilu 2014, Bawaslu Riau Bentuk Tim Fasilitasi Pengawas Konten Internet

Antisipasi penyebaran informasi hoax Pemilu 2024, Bawaslu Riau bentuk Tim Fasilitasi Pengawasan Konten Internet (Siber)

Advertorial
Senin, 20 Nopember 2023

APBD Pekanbaru 2024 Disahkan Rp2,825 T, Waka DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Program Prioritas Harus Dilanjutkan

APBD Pekanbaru 2024 Telah Disahkan Sebesar Rp2,825 T. Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Tegaskan, Program Prioritas Harus Dilanjutkan.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

H-2 Pemilu 2024, Bawaslu Kampar Pererat Sinergitas Bersama Forkopimda dan Insan Pers

Bawaslu Koar mengundang Forkopimda dan imsan pers. Perkuat sinergi jelang dia hari Pemilu 2024.

Advertorial
Rabu, 15 Nopember 2023

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama Ikut Aksi Tanam 10 Juta Pohon

Diluncurkan Gerakan Menanam 10 JUta Pohon. Berikut ini galeri foto kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama.

Berita Lainnya

Jumat, 23 Pebruari 2024

Disdukcapil Kembali Lanjutkan Kerjasama dengan Queen Siak Waterpark


Jumat, 23 Pebruari 2024

Direksi BRK Syariah Optimis Kinerja Bank Terjaga dan Tumbuh dengan Baik


Jumat, 23 Pebruari 2024

Ini Prediksi 40 Caleg Duduk di DPRD Siak 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Susiana Tabrani Resmikan Gedung Budaya Berpikir Asrama SMK Abdurrab


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rehab RTLH Upaya TMMD Kodim 0322/Siak Beri Perlindungan Sosial ke Masyarakat


Jumat, 23 Pebruari 2024

Tiga Pencuri 31 Tiang Lampu Kota Ditangkap Polisi Rohul, Tiga Lainnya Buron


Jumat, 23 Pebruari 2024

Raih Suara Terbanyak, Wahid Layak Bertarung di Pilgubri


Jumat, 23 Pebruari 2024

Berkas Penyidikan Kasus TPPU Investasi Bodong Cimory & Kanzler Dinyatakan Lengkap


Jumat, 23 Pebruari 2024

Sah! APBD Kuansing 2024 Rp1,5 Trilun


Jumat, 23 Pebruari 2024

Syahril Abubakar Minta Dualisme Kepengurusan Segera Diselesaikan DKA LAMR


Jumat, 23 Pebruari 2024

Dapat Kucuran Rp42 Miliar, Kementerian PUPR Tinjau Ruas Jalan Sako - Sei Lansat, Kuansing


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rusidi Rusydan Ketua KPU Riau 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Hingga Akhir Lebaran, Bulog Jamin Persediaan Beras di Inhu Aman


Kamis, 22 Pebruari 2024

Laga Kambing, Seorang Pemotor di Bengkalis Tewas di Tempat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Alat Berat Disita,
Kejari Rohil Tuntut Dua Operator Ekskavator Ilegal Ini 2 Tahun Penjara


Kamis, 22 Pebruari 2024

Musrenbang, Pemkab Prioritaskan Jalan Lintas Siak-Sungai Mandau


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kerusakan Jalan di Batang Cenaku Inhu Telan Korban Jiwa


Kamis, 22 Pebruari 2024

Jalan Lintas Batang Cinaku Rusak Parah, Pemprov Riau Turunkan 4 Alat Berat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan, Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kanwil Kemenkumham Riau Raih Peringkat Pertama IKPA dan Peringkat Kedua Realisasi TA 2023