Senin, 27 Maret 2006 18:09

SBY Tegaskan Tidak Akan Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Australia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa Pemerintah RI tidak akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Pemerintah Australia pasca pemberian suaka politik kepada 42 warga Papua oleh Pemerintah Australia

Riauterkini-Jakarta-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa Pemerintah RI tidak akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Pemerintah Australia pasca pemberian suaka politik kepada 42 warga Papua oleh Pemerintah Australia.

Hal tersebut dikemukakan Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal di Kantor Presidenan Jakarta hari ini, Senin (27/3). Ia mengatakan, jika sampai terjadi pemutusan hubungan diplomatik antar kedua negara, maka yang akan diuntungkan adalah kelompok separatis.

Dino Patti Djalal mengungkapkan, sebelumnya, ada masalah yang lebih berat dari pemberian suaka politik, tapi Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia dapat menyelesaikan masalah tersebut sebaik mungkin tanpa memutuskan hubungan diplomatik.

Menurutnya, dalam hal ini Presiden telah mendengarkan pejelasan langsung dari Duta Besar Indonesia untuk Australia Hamzah Thayeb pada Minggu kemarin pukul 14.00 WIB di kediaman pribadi Presiden, di Perumahan Puri Cikeas Indah, Bogor Jawa Barat.

Mengenai batas waktu penarikan Dubes RI untuk Australia Hamzah Thayeb ke Jakarta, Dino mengatakan, Presiden belum memutuskan sampai kapan, karena masih terus melakukan pengkajian.

Lebih lanjut Dino Patti Djalal mengungkapkan, Presiden juga mengatakan bahwa hubungan anatara Indonesia dan Australia selama ini sudah terjalin baik dan diharapkan masalah tersebut dapat diselesaikan sebaik mungkin sehingga kedepannya hubungan Indonesia dan Australia dapat lebih baik lagi.

Pada kesempatan tersebut Dino membantah, Presiden telah melakukan komunikasi langsung dengan Perdana Menteri Australia. Menurutnya, yang telah dilakukan komunikasi via telepon adalah antara Menteri Luar Negeri Indonesia dengan Menteri Luar Negeri Australia, serta antara Kedutaan Besar Indonesia di Australia dengan Kedubes Australia di Indonesia. ***(elshinta)


BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang