Selasa, 8 Oktober 2019 17:36

Korupsi Dana Restribusi Kapal, ASN dan Honorer Dishub Kepulauan Meranti Diadili

Pengadilan tipikor PN Pekanbaru mulai sidangkan perkara penyelewengan karcis kapal barang di Kepulauan Meranti. Seorang ASN dan tenaga honorer menjadi terdakwa.

Riauterkini-PEKANBARU- Penyelewengan dana karcis (pass) kapal barang ke pelabuhan yang dilakukan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seorang tenaga honor di Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Kepulauan Meranti, berujung ke meja hijau pengadilan tipikor Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

Kedua oknum Dishub Meranti yang diadili pada Selasa (8/10/19)) siang tersebut adalah Syaiful Kepala Bidang (Kabid) Kelautan di Dishub Meranti dan Sugito, tenaga honorer di Dishub Kepulauan Meranti. Keduanya dijerat Pasal 2, Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi.

Berdasarkan dakwaan perkara pada sidang perdana ini. jaksa penuntut umum (JPU) Muhammad Ulinnuha SH. Perbuatan kedua terdakwa itu terjadi tahun 2012 hingga 2015 lalu.

Dimana kedua terdakwa melakukan pungutan dana menggunakan karcis atau pas naik ke pelabuhan. Namun karcis yang digunakan terdakwa ini dicetak sendiri atau palsu. Selain itu, uang hasil retribusi yang seharusnya disetorkan ke kas daerah. Malah digunakan terdakwa untuk kepentingan pribadi.

" Perbuatan terdakwa yang mencetak sendiri karcis atau tiket kempang tersebut, suatu tindakan yang tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Pemda Kepulauan Meranti. Padahal dalam aturan Perda, karcis pelabuhan itu seharusnya dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan. Namun kedua pegawai Dishub itu mencetak sendiri dan menjualnya kepada penumpang," terang Ulinnuha.

Atas perbuatan kedua terdakwa ini sambung JPU. Negara telah dirugikan sebesar Rp 158.422.000," jelasnya.

Usai dakwaan dibacakan, kepada majelis hakim yang diketuai Mahyudin SH. Kedua terdakwa tidak mengajukan eksepsi (bantahan), dan sidang pekan depan diagendakan dengan pemeriksaan saksi saksi.***(har)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang