Selasa, 8 Oktober 2019 10:29

Budi Daya Labu Madu di Bengkalis Menjanjikan, Petani Minta Bantuan Peralatan

Budi daya Labu Madu jenis Hana sedang diminati kalangan petani di Bengkalis. Karena menjanjikan ada dukungan dan bantuan dari pemerintah.

Riauterkini-BENGKALIS- Para Petani Labu Madu jenis Hana di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pertanian (Distan) untuk menyediakan sarana peralatan penunjang peningkatan produksi panen.

Salah satunya adalah Suwondo, petani budi daya tanaman Labu Madu jenis Hana yang perdana dan berhasil. Penanaman 300 batang telah menghasilkan kurang lebih 1,3 ton dengan rata-rata empat buah per batang. Hasil panennya akan diserahkan kepada pembelinya.

Keberhasilan itu, petani yang akrab disapa Wondo ini juga menyiapkan lahan yang lebih luas untuk budi daya labu tersebut. Karena menurut Wondo, hasil dari budi daya labu ini sangat menjanjikan, selain pemeliharaannya yang tidak rumit, waktu tanam hingga panen hanya 90 hari, dan pemasarannya juga sudah jelas.

Dengan percobaan penanaman yang berhasil ini, Wondo berharap kepada pihak Distan Kabupaten Bengkalis dapat membantu sarana yang mendukung produksi tanam berupa pompa air.

Demikian permintaan yang disampaikan Wondo disela-sela petik panen perdana Labu Madu jenis Hana yang dilakukan langsung Kepala Distan Kabupaten Bengkalis, Supardi, S.Sos, M.H didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pengolahan dan Promosi, Syahrul Rais, SP, Kepala UPT. Balai Penyuluhan Pertanian Siak Kecil, Astut Ivon, SP, Kepala UPT. Mekanisasi Pertanian Siak Kecil, Murdam Efendi, SP.

"Kami berharap ada bantuan sarana atau fasilitas yang mendukung produksi tanak seperti pompa air untuk  meningkatkan hasil panen," ucap Wondo seraya diaminkan perwakilan Gapoktan dan Poktan yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan panen perdana itu, Koordinator Penyuluh, Mulyono ,SP beserta para penyuluh pertanian di Kecamatan Siak Kecil, Bukit Batu dan Bandar Laksamana, gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan beberapa perwakilan dari Kelompok Tani (Poktan) Kecamatan Siak Kecil.

Mendengar usulan dan harapan dari salah seorang petani budi daya Labu Madu jenis Hana, Plt. Kepala Distan Kabupaten Bengkalis, Supardi, sembari tersenyum merespon permintaan tersebut.

Distan Kabupaten Bengkalis akan berupaya maksimal untuk membantu demi meningkatkan produksi dan kesejahteraan para petani. Sangat mendukung antusiasme petani yang mengembangkan budi daya tanaman Labu Madu jenis Hana ini.

"Insyaallah, Kami akan berupaya semaksimal mungkin membantu demi peningkatan produksi dan kesejahteraan para petani. Kami sangat mendukung antusias petani lainnya yg akan mengembangkan tanaman labu ini, dan ini akan kami upayakan pemasarannya agar memotivasi para petani," ungkapnya, Selasa (8/10/19) pagi.

Kunjungan jajaran Distan Kabupaten Bengkalis ini, selain kegiatan panen perdana juga dilakukan diskusi yang berlangsung di tengah ladang tanaman Labu Madu milik Wondo.***(dik)

Foto : Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis, Supardi, S.Sos, M.H didampingi pembudi daya Labu Madu, Wondo akan memetik panen perdana, Senin (7/10/19) kemarin.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang