Selasa, 8 Oktober 2019 07:17

DAK Rp1,3 M,
Dibangun Pasar Desa Paling Lengkap di Pambang Pesisir, Bengkalis

Bersumber dari DAK, dibangun satu-satunya pasar desa paling lengkap di Kabupaten Bengkalis. Diharapkan menggerakkan perekonomian masyarakat.

Riauterkini-BENGKALIS- Bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI sebesar Rp1,3 miliar lebih, dibangun satu- pasar desa paling lengkap dan representatif di Kabupaten Bengkalis.

Pasar desa dibangun di sekitar Pantai Madani Desa Pambang Pesisir, Kecamatan Bantan, atau persis berhadapan dengan bibir pantai. Lokasi pasar yang dibangun inj juga bersebelahan dengan bangunan pasar yang dibangun sebelumnya oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis 2015 lalu dan juga sedang dilakukan renovasi.

Fisik pasar yang sedang dikerjakan sejak Juli 2019 dan ditargetkan tuntas 30 November 2019 mendatang antara lain, untuk penempatan lapak basah (pedagang ikan) sebanyak 10 kios dan lapak kering (pedagang sayuran) 12 meja dengan ukuran seluruhnya 8x28 meter.

Masyarakat pengunjung pasar akan mudah mengakses pasar karena dalam satu atap dengan lantai terpisah.

Selain disiapkan lapak basah dan lapak kering, disebelahnya juga dibangun dua pintu kios, musala, toilet, serta tempat pembuangan sampah.

"Bersumber dari DAK, pasar ini akan diperuntukkan kepada pedagang-pedagang sayur, ikan. Disiapkan lapak kering dan lapak basah, termasuk musala ditargetkan tuntas akhir November mendatang. Dan pasar desa ini satu-satunya paling lengkap yang pernah ada di Kabupaten Bengkalis," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar, Disdagperin Kabupaten Bengkalis, Irwandi Ibrahim, S.T, M.T didampingi staf, Zamri disela-sela meninjau pembangunan pasar desa tersebut, Senin (7/10/19) petang kemarin.

Irwandi berharap, setelah selesainya pembangunan pasar desa paling lengkap ini, dapat difungsikan oleh desa dan meningkatkan perekonimian masyarakat.

"Mudah-mudahan bisa menggerakkan perekonomian desa dan terus berkembang. Tergantung kepala desanya kalau pasarnya selesai dikerjakan dan akan difungsikan seperti apa," katanya lagi seraya menyebutkan bahwa proyek pembangunan pasar ini dikerjakan CV. Alif, konsultan pengawas CV. Tiara Konsultan

Tahun 2018 lalu, Kabupaten Bengkalis juga sempat memperoleh tiga alokasi pembangunan bersumber DAK, namun batal dilaksanakan karena gagal lelang. Dan tahun 2019 ini hanya memperoleh alokasi satu kegiatan.***(dik)

Foto : Kabid Pengelolaan Pasar Disdagperin Kabupaten Bengkalis, Irwandi Ibrahim, S.T, M.T disela-sela meninjau pembangunan pasar desa paling lengkap bersumber DAK di Desa Pambang Pesisir.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang