Sabtu, 5 Oktober 2019 10:51

Capacity Building BI-Wartawan Riau, Diskusikan Dampak Pertumbuhan Ekonomi Dunia yang Melambat

Pertumbuhan global melambat. Indonesia pun menerapkan kebijakan menurunkan suku bunga bank.

Riauterkini-PEKANBARU- Tahun 2019 ini, pertumbuhan ekonomi dunia melambat. Kondisi itu juga terjadi di perlambatan perdagangan dunia dan harga komoditas. Hal itu disampaikan Syachman Perdymer dari Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Pusat pada acara Capacity Building Wartawan di wilayah kerja Bank Indonesia Kpw Riau, Sabtu (5/10/19).

"Pertumbuhan ekonomi global mengalami perlambatan. Termasuk Riau. Perlambatan juga terjadi di perdagangan dunia dan harga komoditas. Termasuk harga minyak dunia dan harga komoditas ekspor Indonesia. CPO, tembaga dan batubara juga melambat. Indeks ekspor Indonesia turun hingga minus 3,4 persen," terangnya.

Terkait hal itu, tambahnya, respon negara negara lain terhadap perlambatan ekonomi global adalah menurunkan suku bunga perbankannya. Tujuannya adalah untuk memancing pertumbuhan ekonomi.

Di Indonesia juga menerapkan kebijakan dengan menurunkan BI rate yang saat ini turun menjadi 5,25 persen. Hal itu diikuti oleh menurunnya suku bunga deposito menjadi sebesar 4,50 persen.

Iskandar dari BI KPW Riau mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Riau mengalami perlambatan hingga 2,75 persen. Perlambatan di picu oleh sektor komoditas pertanian, pertambangan dan galian.

Capacity Building Wartawan Riau Oleh BI KPW Riau

Untuk meningkatkan pengetahuan wartawan di Riau, Bank Indonesia Kpw Riau menggelar Capacity Building Sabtu (5/10/19). Belasan wartawan Riau mengikuti acara Capacity Building yang digelar BI Kpw Riau. Acara menghadirkan pembicara dari BI Pusat dan wartawan ekonomi nasional.

Asral Mashuri, Analis Eksekutif Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau mengatakan bahwa media merupakan partner Bank Indonesia yang terkait pada publis kebijakan Bank Indonesia. Untuk itu, kegiatan Capacity Building ini diharapkan para jurnalis Riau jauh lebih memahami fungsi dan tugas Bank Indonesia dalam menentukan dan mengarahkan kebijakan ekonomi sebagai upaya pembangunan ekonomi.

"Untuk itu, pada acara ini akan kami hadirkan pembicara dari BI Pusat dan wartawan ekonomi senior dari media nasional. Diharapkan kegiatan menghasilkan pemahaman wartawan Riau terhadap perkembangan ekonomi Nasional dan regional," tambahnya.*(H-we)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang