Sabtu, 28 September 2019 15:11

Kukuhkan 1.707 Lulusan, UIR Catatkan Rekor Wisuda Terbanyak Sepanjang Sejarah

Universitas Islam Riau kembali luluskan sarjana. Kali ini sebanyak 1.707 mahasiswa diwisuda dan ini jumlah terbanyak sepanjang sejarah perguruan tinggi tersebut sejak berdiri tahun 1962.

Riauterkini-PEKANBARU-Universitas Islam Riau (UIR) mewisuda 1.707 mahasiswa/i dari program sarjana, magister dan ahli madya di periode III tahun 2019, Sabtu (28/09/19). Prosesi wisuda yang berlangsung dalam rapat senat di Indoor Volley kampus UIR, Jalan Kaharuddin Nasution itupun mencatatkan rekor terbanyak jumlah wisudawan/i sepanjang sejarah perguruan tinggi tersebut sejak berdiri tahun 1962 silam.

Menurut Rektor UIR, Prof Dr Syafrinaldi, 1.707 wisudawan/i itu berasal dari sembilan fakultas dan pascasarjana. Terdiri dari FKIP 503 orang, Fakultas Ekonomi 327, Teknik 230, Fisipol 204, Hukum 139, Pascasarjana 109, Pertanian 88, Fikom 52, Fakultas Agama Islam 32 dan Psikologi 23 orang. Dari ribuan lulusan tersebut, beberapa diantaranya bahkan merupakan mahasiswa asing asal Negeri Gajah Putih yang kuliah di Fakultas Agama Islam dan FKIP.

"Jumlah wisudawan ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah bedirinya UIR. Ada juga mahasiswa asing yang berasal dari Thailand dan ikut diwisuda. Tahun ini UIR juga masih mendapatkan beberapa mahasiswa asing, ada yang dari Kamboja, Uganda dan Thailand. Alhamdulillah ini membuktikan bahwa UIR sudah dikenal secara Internasional," ujarnya kepada riauterkini.com disela proses wisuda tersebut.

Dia menjelaskan, dari ribuan lulusan yang dikukuhkan itu, pemuncak tingkat universitas atau peraih nilai tertinggi adalah Surga Pertiwi. Mahasiswi Prodi Pendidikan Matematika FKIP ini meraih IPK 3,93. Disusul kemudian oleh Erlina Komalasari dari Prodi D3 Administrasi Perkantoran Fisipol dengan IPK 3,91, Roni Tri Saputra (Prodi Ilmu Pemerintahan Pascasarjana, IPK 3,90), Wan Shobran Ali (Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi, IPK 3,85), Inggit Piandari (Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian, IPK 3,85), Egy Primatama (Fakultas Hukum, IPK 3,78), Wan Nurhikmah (Fakultas Psikologi, IPK 3,76), Eka Surya Pratiwi (Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik, IPK 3,76), AG Maulana (Prodi Ekonomi Islam Fakultas Agama Islam, IPK 3,70) dan Derlina Br Tobing dari Fakultas Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,63.

"Tahun ini UIR juga mencatatkan prestasi membanggakan di bidang olahraga. Tim PS UIR berhasil menjadi runner up di kejuaraan Kemenpora RI 2019. Lalu tim pentas seni UIR yang dikirim ke Malaysia juga berhasil keluar sebagai juara umum dengan tari kreatif tradisionalnya. Prestasi itu tentu sangat membanggakan bagi UIR dan harus terus ditingkatkan," sebutnya.

Masih kata Rektor, kepada seluruh wisudawan/i, dia pun berharap agar mereka bisa menjadi duta UIR untuk semua studi, menjadi lulusan yang bertakwa, amanah dan tetap menjaga nama baik almameter.

Sementara itu, di acara wisuda UIR periode III tahun 2019 tersebut turut hadir Kepala Lembaga Layanan DIKTI Wilayah X Prof Dr H Heri, Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau Dr H Nurman, Ketua Dewan Pembina Drs H Mukni dan Ketua Harian Zulfikar Ahmad serta seluruh anggota senat universitas.*(gas)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang