Sabtu, 21 September 2019 18:40

PT Asian Agri 'All Out' Turunkan RPK Padamkan Karhutlah di KM 10 Koridor Langgam

PT Asian Agri turut membantu lakukan pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di desa Rantau Baru, Pelalawan. Lahan merupakan milik warga yang berada disekitar areal perusahaan.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI- PT Asian Agri 'all out' menurunkan tim Regu Pemadaman Kebakaran (RPK) untuk memadamkan kobaran api yang terjadi dilahan perkebunan sawit bergambut, milik warga di KM 10 koridor, Langgam tepatnya, di desa Rantau Baru, Kecamatan Pangkalan Kerinci, yang terjadi sejak Rabu (21/9/19).

RPK dari kabupaten tetangga, seperti di Buatan kabupaten Siak, sengaja didatangkan kelokasi untuk menambah kekuatan memadamkan api. Hal ini mengingat, lahan yang terbakar itu, berbatasan dengan HGU PT Asian Agri.

  Manager Humas Asian Agri Group Regional Riau Ahmad TaufiK, SH, Sabtu (21/9/19) menyampaikan lahan yang terbakar disekitar areal perusahaan merupakan kebun kelapa sawit milik masyarakat pribadi, kelompok tani dan lahan kosong.

  Tim damkar Asian Agri kata dia, sudah hampir satu minggu bersama tim gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Damkar Kabupaten dan masyarakat pemilik lahan berupaya memadamkan api dilokasi termasuk disekitar Tanjung Putus Pangkalan  Kerinci dan Desa Rantau Baru.

"Tim RPK kita 'All out', termasuk dengan menggunakan excavator untuk membuat embung dan sekat bakar. Namun karena kondisi lahan yang kering dan angin yang cukup kencang, api mulai mendekati perbatasan areal kebun perusahaan," bebernya.

Dengan kondisi tersebut, sebahagian tim damkar Asian Agri yang ikut bantu Satgas Darat Karhutla Kabupaten ditarik untuk memadamkan titik api yang berada dilahan masyarakat diperbatasan areal perusahaan.

  "Disamping tim damkar Asian Agri yang ada di Pelalawan, saat ini kita juga sudah perbantukan lagi tim dari damkar unit kerja yang di Indragiri Hulu dan Kampar untuk support upaya pemadaman disekitar lokasi dan saat ini kondisinya dalam proses pendinginan," tandasnya.

Sementara itu pantauan di lapangan kabut asap di kota Pangkalan Kerinci Sabtu (21/9/19) masih pekat sejak kabut asap menyelimuti Kabupaten Pelalawan berlangsung hampir sebulan terakhir ini.

  Hal tersebut menyusul terjadinya, Karhutlah dibeberapa titik yang tersebar dikabupaten Pelalawan, termasuk asap kirim dari provinsi tetangga dan termasuk kebakaran lahan perkebunan sawit bergambut seluas 25 hektare milik masyarakat, di jalan Koridor Langgam.*(feb)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang