Kamis, 19 September 2019 18:52

‎Katanya Asap Kiriman, Tapi di Rohul Ada Tiga Titik Lahan Gambut Terbakar

BMKG Stasiun Pekanbaru mencatat ada tiga titik api di kawasan Rokan Hulu. Namun Bupati Sukiman sebut asap di Negeri Seribu Suluk adalah kiriman.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, beberapa kalinya klaim bahwa paparan asap di daerahnya merupakan kiriman dari daerah lain yang tengah mengalami Karlahut, dan tidak ditemukan titik api di daerahnya.

Per Kamis (9/9/2019), secara kasat mata, paparan asap dampak Karlahut di Kabupaten Rokan Hulu, khususnya di Pasirpangaraian cenderung semakin tebal dan pekat.

‎Meski Bupati Sukiman mengaku paparan asap di daerahnya merupakan kiriman, namun empat hari terakhir dikabarkan telah terjadi kebakaran puluhan hektar di lahan gambut yang ada di Kecamatan Bonai Darussalam.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) Stasiun Pekanbaru, terdapat tiga titik api di kawasan Rokan Hulu.

Pada pembacaan satelit BMKG, level confidence di tiga titik api yang ada di Kabupaten Rokan Hulu berada pada level 80, 86 dan 100.

Data dirangkum riauterkinicom, ada sekira puluhan hektar lahan gambut yang terbakar di Kecamatan Bonai Darussalam, berada di tiga titik yang ada di tiga desa, yaitu di Desa Bonai, Desa Pauh, dan Desa Kasang Padang.

Seperti di Desa Bonai, sekira belasan hektar lahan gambut masih semak belukar dengan titik koordinat Co.N. 1,16'20.8092" E,100,52'26.6628" hangus terbakar pada Senin (‎16/9/2019). Sampai Kamis (19/9/2019), lahan ini masih proses pendinginan petugas gabungan, baik TNI dan Polri, serta dibantu beberapa perusahaan dan masyarakat.

Selain itu, sekira 1 hektar lahan gambut yang sudah menjadi kebun kelapa sawit masyarakat di Desa Pauh‎ dengan titik koordinat Co,0░58'59"100░57,19"34,3m,115░ juga dikabarkan hangus terbakar.

Demikian juga di Desa Kasang Padang, sekira 3 hektar lahan gambut yang sudah jadi kebun kelapa sawit milik masyarakat hangus terbakar, dengan koordinat Co.N. 1░9'53'508" E.100░50'55'218.‎

‎Usai Shalat Istisqa atau Shalat Minta Hujan di markasnya, Kapolres Rokan Hulu AKBP M. Hasyim Risahondua, dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya tiga lokasi titik api di Negeri Seribu Suluk.

"Betul. Saya sudah dengar informasi titik api di Rokan Hulu hari ini ada tiga titik," jelas Kapolres Rokan Hulu kepada wartawan, Kamis.‎

Kapolres Rokan Hulu mengungkapkan tiga titik api yang terpantau satelit tersebut berlokasi di Kecamatan Bonai Darussalam yang berbatasan dengan Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

‎AKBP M. Hasyim mengaku ia telah perintahkan‎ anggota untuk siaga di sekitar kawasan yang tengah terbakar, dan memantau situasi kebakaran, bersama elemen masyarakat. Sedikitnya 50 personel Kepolisian, diakuinya juga telah dikerahkan ke lapangan untuk pemadaman.

Pada Kamis siang, Kapolres Rokan Hulu juga meninjau salah satu titik lahan gambut yang terbakar di Kecamatan Bonai Darussalam, dan sedang masih proses pendinginan dilakukan tim gabungan.

Bahkan, AKBP M Hasyim sempat ikut melakukan pendinginan lokasi lahan gambut di Kecamatan Bonai Darussalam yang masih mengeluarkan saat peninjauan tersebut.***(zal)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang