Kamis, 19 September 2019 16:57

KPU Bengkalis Berharap Kepastian Turunnya Anggaran Sebelum Oktober

KPU Bengkalis berharap anggaran Pilkada Bengkalis 2020 mendatang yang dikucurkan oleh Pemkab Bengkalis selambat-lambatnya sebelum Oktober 2019 mendatang.

Riauterkini-BENGKALIS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis berharap anggaran untuk even Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Bengkalis 2020 mendatang yang dikucurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis selambat-lambatnya sebelum Oktober 2019 mendatang. Atau, telah ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Bengkalis dengan KPU Kabupaten Bengkalis.

Menyusul, tanpa NPHD tersebut maka akan mempengaruhi tahapan KPU yang telah dijadwalkan dan akan dimulai Oktober 2019 mendatang.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Fadhillah Al Mausuly didampingi empat Komisioner KPU, Safroni, Anggi Ramadhan, Elmiwati Syafarina, dan Feri Herlinda di Kantor KPU Jalan Pertanian ketika gelar jumpa pers. Kamis (19/9/19) siang.

"Sebelum 1 Oktober KPU kami berharap sudah ada penandatangan NPHD tahapan Pilkada 2020 mendatang antara KPU dan Pemkab Bengkalis," ungkap Fadhilah.

Selain itu, untuk dana anggaran pada pesta demokrasi lima tahunan itu, berdasarkan dari ketentuan yang ada disesuaikan dengan kesanggupan pemerintah daerah. Untuk even tahun depan ini akan anggarkan selama dua tahun anggaran. Yaitu Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) tahun anggaran 2019 dan diposkan dalam APBD tahun anggaran 2020 mendatang dengan proposal usulan yang sama.

"Membiayai even Pilkada 2020 ini sesuai aturan berdasarkan kesanggupan dari pada pemerintah kabupaten. Oleh karena itu kita sangat berharap NPHD antara KPU dan Pemkab Bengkalis paling lambat 1 Oktober 2019 mendatang, jika tidak maka akan mempengaruhi tahapan pilkada," pintanya.

Dibagikan lain, kesempatan ini Fadhillah juga menyampaikan ada format baru pada formulir pendaftaran bagi bakal calon bupati dan wakil bupati seperti surat pernyataan dukungan perseorangan.

"Balon persesorangan itu harus ada pernyataan dukungan perseorangan diantaranya, foto kopi e-KTP, format model surat pernyataan dukungan bupati dan wakil bupati bagi calon perseorangan tersebut," ujarnya.

Dan mulai hari ini, Kamis (19/9/19) formulir pendaftaran perseorangan sudah bisa diambil ke Kantor KPU Bengkalis, Jalan Pertanian.

"Kita berharap, pada Pilkada 2020 dapat berjalan sebaik mungkin salah satunya adalah partisipasi pemilih, itu salah satu indikator suksesnya Pilkada. Oleh karena itu, KPU sangat membutuhkan media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat," imbuhnya seraya mewacanakan KPU akan menyediakan media center di Kantor KPU Bengkalis.

Informasi tambahan, anggaran Perubahan APBD 2019 ini untuk Pilkada dikabarkan disiapkan sebesar Rp18 miliar dari total usulan yang diajukan KPU Rp50,6 miliar.***(dik)

Foto : Ketua KPU Bengkalis, Fadhillah Al Mausuly didampingi para komisioner, ketika jumpa pers di Kantor KPU Bengkalis, Kamis (19/9/19).


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang