Kamis, 19 September 2019 12:45

KSOP Dumai Perpanjang Edaran Waspda Kabut Asap bagi Pelayaran

Seluruh kegiatan pelayaran di sekitar Selat Melaka dihimbau terus waspada. KSOP Dumai perpanjang edaran peringatan.

Riauterkini-DUMAI - Kabut asap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Riau, rupanya sudah mengganggu aktivitas jasa kepelabuhanan dan pelayaran. Melihat kondisi cuaca buruk, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai mengeluarkan surat edaran.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan, kepada media ini mengatakan kesyahbandaran memperingatkan pengguna jasa di pelabuhan untuk waspadai cuaca buruk perairan dan antisipasi kabut asap dengan mematuhi ketentuan pelayaran berlaku.

"Kami sudah mengeluarkan surat edaran sejak 7 September 2019, namun karena kabut asap terus membatasi jarak pandang dan berubah cenderung buruk, maka kita perpanjang lagi imbauan kewaspadaan hingga kondisi normal," kata Yuzirwan, Kamis, (19/9/19).

Menyikapi cuaca buruk dan kabut asap kebakaran hutan dan lahan, kata Yuzirwan dapat terjadi setiap waktu di perairan. Oleh karena itu, pengguna jasa, operator kapal dan nakhoda agar senantiasa waspada dan utamakan keselamatan berlayar.

"Disaat cuaca buruk, agar nakhoda dan operator kapal menunda berangkat dan tidak memaksakan kapal untuk berlayar, dan jika sudah berlayar agar memantau terus perubahan cuaca dan gelombang serta asap," imbau Yuzirwan.

Menurutnya jika mendapati keadaan buruk di perairan, maka lengkapi peralatan keselamatan dan pengoperasian kapal harus diawaki dengan cukup dan kecepatan aman demi keselamatan manusia yang berada di kapal.

"Berlayarlah dalam kondisi aman dan jangan mengutamankan keuntungan. Karena saat ini kondisi cuaca terus berubah-rubah, apalagi kondisi kabut asap hingga saat ini masih mengganggu jarak padangan saat berlayar," ujarnya.*(had)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang