Selasa, 17 September 2019 18:10

Gandeng IDI dan PERSI, DPRD Riau Dirikan Posko Kesehatan Kedap Asap

Sekretariat DPRD Riau buka posko kesehatan kedaap asap mulai hari Ahad kemarin. Posko hasil kerjasama dengan IDI.

Riauterkini-PEKANBARU- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Riau, bekerjasama dengan pihak Sekretariat DPRD Riau untuk membuka Posko Kesehatan Kedap Asap. Selasa (17/9/19), pembukaan pertama untuk masyarakat yang terkena dampak kabut asap akan diberikan pelayanan gratis sebulan lamanya.

Pendirian posko ini untuk menangani korban kabut asap dan menangani korban Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut asap. Ketua IDI Wilayah Riau, dr Zul Asdi SpB, M.Kes mengatakan, di posko tersebut pihaknya mempersiapkan dokter dan beberapa perawat, serta peralatan medis dan obat-obatan.

"Posko ini dibuka secara gratis untuk masyarakat umum, dibuka mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB sore hari. Dan dibuka hingga 1 bulan kedepan. Posko ini fokusnya bukan pada pengobatan melainkan mendapatkan evakuasi sementara," jelas Zul Asdi.

Selain itu ditambahkan Koordinator Posko yakni dr Abdullah Qayyum kepada riauterkini.com bahwa di posko tersebut disiapkan beberapa dokter diantaranya dokter paru, dokter rehabilitasi medik, dokter umum, dan psikolog, serta tenaga medis.

Ketua DPRD Riau sementara, Sukarmis menyampaikan terimakasihnya kepada Persi dan IDI Riau atas pembukaan posko tersebut, dan juga dirumah sakit.

"Saya sebagai pimpinan DPRD sangat berterima kasih kepada IDI, Persi dan anggotanya, pihak rumah sakit yang ada di provinsi Riau yang telah menyediakan obat sebagai langkah jangka pendek dalam membantu korban akibat kabut asap," sampainya.

Sukarmis juga menyebutkan, pihaknya bersama Presiden Jokowi juga sudah melaksanakan shalat bersama di lapangan terbang agar hujan dapat turun, agar kabut asap bisa hilang di Riau.*(vila)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang