Senin, 16 September 2019 13:59

Posko RSUR Terima 60 Pasien Terdampak Asap Perhari

Bentuk pelayanan kepada masyarakat, RSUR menerima warga terdampak asap. Posko sudah dibuka sejak pekan lalu.

Riauterkini-PEKANBARU-Sejak Kamis (12/9/19) lalu, Rumah Sakit Universitas Riau (RSUR) sudah membuka posko kesehatan. Posko kesehatan tersebut dibuka seluas luasnya bagi masyarakat umum yang terdampak kabut asap.

Hal itu disampaikan oleh Rektor Universitas Riau, Aras Mulyadi Senin (16/9/18). Menurutnya, posko tersebut menjadi salah satu peran aktif Universitas Riau pada bencana kabut asap di Riau yang tengah terjadi di Riau.

"Posko kesehatan Universitas Riau kita peruntukkan bukan hanya untuk mahasiswa dan civitas akademika saja. Tetapi juga diperuntukkan bagi masyarakat umum yang terdampak kabut asap secara gratis. Hingga saat ini RSUR sudah menerima pasien terdampak asap sebanyak 60 pasien perharinya," terang Aras.

Menurutnya, RSUR akan buka selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada warga terdampak asap. RSUR akan tetap membuka pintu bagi warga terdampak asap hingga asap hilang dari Riau.

Sementara itu, Direktur RSUR, Zulharman mengatakan bahwa pihak RSUR sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat terdampak asap. Termasuk peralatan medis yang menunjang.

"Perharinya posko kesehatan RSUR menerima 60 pasien. 50 persennya merupakan penderita Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)," terangnya.

Menurutnya, pasien ISPA akan diberikan pelayanan maksimal. Jika masih kategori sesak saja, pasien akan diberikan oksigen. Tetapi jika sudah tahap yang lebih, maka pasien akan dilakukan tindakan.

Ditanyakan pasien pneumonia, Zulharman menyatakan sejauh ini, belum ada pasien penderita pneumonia tingkat lanjut. *(H-we)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang