Senin, 16 September 2019 08:19

Asap Masih Pekat, Jarak Pandang di Tiga Wilayah di Riau di Bawah 1000 Meter

Kebakaran lahan dan hutan di Riau berlanjut. Kabut asap pekat menyebabkan jarak pandang di tiga wilayah sangat terbatas.

Riauterkini-PEKANBARU-Berdasarkan data Badan Meteorologi Kkimatologi dan Geofisika (BMKG) Stamet Pekanbaru, Senin (16/9/19) jarak pandang di 3 daerah di Riau di bawah 1 Km. Hal itu menandakan kabut asap masih pekat menyelimuti 3 daerah dan Riau pada umumnya.

Turut keterangan Kasi Data dan Informasi BMKG Stamet Pekanbaru, Marzuki, 3 daerah dengan jarak pandang dibawah 1 Km adalah Pekanbaru 800 meter, Inhu 700 meter dan Pelalawan hanya 300 meter. Sementara, Dumai masih cukup jauh. Yaitu 2 Km.

"Jarak pandang menjadi salah satu indikator ketebalan asap. Jadi 3 daerah di Riau diselimuti kabut asao tebal," katanya.

Tentang titik panas, Marzuki menyatakan bahwa hari ini ada 75 titik panas di Riau. 45 diantaranya diduga kuat sebagai titik api.

"45 titik api tersebut tersebar di beberapa kabupaten kota di Riau. Seperti di Kampar ada 2 titik, Dumai ada 3 titik, Pelalawan ada 7 titik, Rohil ada 23 titik, Inhil ada 6 titik, Inhu ada 1 titik, Kuansing ada 2 dan Bengkalis ada 1 titik," terang Marzuki.

Ia menambahkan, Pagi hari Riau pada kondisi Cerah Berawan. Berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze.

Siang hari juga Cerah Berawan. Masih Berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze.

Sore - Malam hari Cerah Berawan. Masih Berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze.

"Peringatan Dini BKMG warga diminta waspada terhadap penurunan kualitas udara dan jarak pandang akibat peningkatan polusi udara yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan," katanya.*(H-we)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang