Kamis, 12 September 2019 11:09

Pelaku UMKM di Bengkalis Masih Minim Pelatihan Memadai

Pengembangan UKM di Bengkalis belum memuaskan. Para pelakunya umumnya minim pelatihan memadai.

Riauterkini-BENGKALIS- Sampai saat ini kendala dalam pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengaj (UMKM) Kabupaten Bengkalis sulit untuk maju dan berkembang ditengarai disebabkan beberapa faktor antara lain, masih rendahnya kemampuan, dan solusinya harus dilakukan pelatihan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kemudian rendahnya, permodalan jalan keluarnya harus diadakan pendanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan selanjutnya masih sulitnya pemasaran, dan solusinya harus membentuk kelompok dengan berbentuk Koperasi atau yang lainnya. Disamping itu, dalam pemasaran bisa juga menggunakan teknologi digital.

Selain itu, karena SDM para pelaku UMKM masih minim maka penting untuk mengurus Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), agar pemerimtah bisa memprioritaskan dalam peningkatan usaha, seperti bantuan bergulir, dana hibah UMKM pemula dan sebagainya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bengkalis, Herman Achmad, Kamis (12/9/19) pagi.

Herman berharap, UMKM mandiri bisa terwujud, sehingga kontribusi ke masyarakat bisa tercapai dengan golongan penghidupan yang mapan.

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bengkalis menjadi narasumber kegiatan pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi masyarakat Desa Simpang Ayam, Kec. Bengkalis, Selasa (10/09/19). Herman juga mengapresiasi sejumlah pemerintah desa (Pemdes) yang menggelar kegiatan pelatihan kepada pelaku UMKM seperti di Desa Simpang Ayam diikuti sekitar 40 orang, sebagai tahap awal meningkatkan SDM mereka untuk meningkatkan tarap hidup lebih baik.

ôKemarin, saya sendiri yang turun sebagai narasumber kegiatan pelatihan UMKM untuk masyarakat Desa Simpang Ayam tersebut," katanya.***(dik)

Foto : Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bengkalis, Herman Achmad ketika menjadi narasumber.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang