Kamis, 12 September 2019 10:17

Ke Thailand Saat Riau Dikepung Asap, Pendemo Sebut Gubri Kelayapan

Kepergian Gubri ke Thailand disaat musibah asap parah terus dikritik. Pendemo menudingnya kelayapan.

Riauterkini - PEKANBARU - Belasan mahasiswa dari Universitas Riau (Unri) gelar aksi di depan Kantor Gubernur Riau atau tepatnya tugu zapin, Kamis (12/9/19).

Dalam aksi ini, para mahasiswa menampilkan patung Gubernur Riau H Samsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo termasuk Danrem 031/WB mengenakan masker.

Tidak hanya itu, para mahasiswa ini juga menampilkan tulisan sindiran di masing-masing patung para pejabat penting di Riau tersebut.

Yakni, untuk Gubri ditulis, asap datang malah kelayapan ke Thailand. Kemudian untuk Kapolda, mahasiswa membuat tulisan, tindak tegas korporasi. Bukan bungkap asprirasi, apalagi main hakim sendiri.

Sementara untuk Danrem, mahasiwa membuat tulisan, jangan teriaki kami bodoh. Kami hanya ingin menuntut penyelesaian Karhutla.

Aksi yang dipimpin Wakil Presiden Mahasiswa (Wapresma) Unri, Abdul Hamid ini turut menyita perhatian warga yang melintasi lokasi aksi. Terlebih ketika mahasiswa menampilkan ketiga patung pejabat Riau bermasker, sebagai simbol sindiran atas kekhawatiran kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau dan wilayah lainnya di Sumatera.

"Aksi yang kita gelar hari ini masih tahap sosialiasi. Kami akan menggelar aksi besar-besaran pada 17 Sepetember nanti. Aksi besar besaran. Kita targetkan dari mahasiswa saja dua ribu mahasiswa, kita juga harapkan ada dari masyarakat dan organisasi kepemudaan ikut serta dalam aksi terkait asap yang kian hari tambah pekat," ungkap Hamid.

Selain itu, aksi besar-besaran pada 17 September nanti juga akan menuntut kepada penegakak hukum, agar menindak tegas korporasi yang terbukti melakukan pembakaran.

"Karena selama ini banyak ditangkapi rakayat kecil, bukan korporasi. Inilah kita harapkan, jangan masyarakat dikorbankan, korporasi malah dilindungi," ungkap Hamid.***(mok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang