Senin, 9 September 2019 16:34

Kabut Asap Kian Pekat, Lahan Bergambut PT Adei Plantation di Pelalawan Terbakar

Lahan bergambut PT Adei Plantation di Pelalawan, dikabarkan telah terbakar hebat. Diduga inilah yang memicu asap tebal hingga ke beberapa kabupaten tetangga.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI- Lahan gambut perkebunan kelapa sawit milik PT Adei Plantation yang berada di Desa Batang Nilo Kecil kecamatan Pelalawan terbakar. Kebakaran hebat ini diduga memicu asap pekat beberapa ini di kabupaten Pelalawan, terjadi sejak Sabtu (7/9/19) kemarin.

Berdasarkan informasi yang diterima riauterkini.com, menyebutkan bahwa kebakaran lahan PT Adei Plantation tersebut terjadi Jumat (6/9/19) kemarin.

Hanya saja, manajer lapangan PT Adei Plantation, Sugiarto menyangkal kebakaran lahan perkebunan kelapan sawit itu terjadi, pada Sabtu (7/9/19) lalu dan api berhasil dipadamkan dengan menurunkan, regu pemadaman perusahaan dibantu sejumlah alat berat keesokan harinya, yakni pada Ahad (8/9/19).

Hal ini, disampaikan Sugiarto ketika anggota DPRD Pelalawan dari partai Gerindra Abdul Nasib, SE, melakukan penijauan langsung ke lokasi kejadian, Senin (9/9/19).

Menurut penuturan, Sugiato lahan yang terbakar ini, seluas empat hektar dengan kondisi lahan bergambut. "Luas lahan yang terbakar kurang lebih empat hektar merupakan lahan gambut, jadi untuk mengantisipasi meluas kita turunkan alat berat, memastikan api tidak menyala dan meluas," terangnya.

Saat kunjungan lapangan anggota DPRD Pelalawan Abdul Nasib dilapangan, terlihat sejumlah alat berat jenis exavator sebanyak enam unit melakukan penggalian tanah dibekas lahan yang terbakar.

Tidak itu saja, disisi bagian lain, tepatnya, berbatasan dengan lahan terbakar tampak pula, tim pemadaman kebakaran perusahaan menyiramkan air dengan menggunakan beberapa unit mesin pompa air.

Sementara itu, akibat dua hari terakhir ini, kabut asap bertambah pekat terjadi dikabupaten Pelalawan. Bahkan, Senin (9/9/19) sejumlah sekolah yang ada dikabupaten Pelalawan memulangkan siswanya, lebih awal.*(feb) Keterangan Foto: Anggota DPRD Pelalawan baju hitam Abdul Nasib meninjau lahan gambut PT Adei Plantation terbakar di Divisi II desa Batang Nilo Kecil kecamatan Pelalawan.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang