Jum’at, 23 Agustus 2019 21:40

Sidang Kasus Sabu 37 Kg di Bengkalis,
PH Lima Terdakwa Minta Wartawan Lokal Simpulkan Sendiri Nota Pledoi

Pengadilan Negeri Bengkalis kembali sidangkan perkara kepemilikan 37 kg sabu. Sidang pledoi ini pengadilan menghadirkan empat terdakwa.

Riauterkini-BENGKALIS- Sidang dengan agenda pembelaan atau pledoi kasus dugaan kepemilikan barang haram sabu seberat 37 kilogram (Kg) dengan lima terdakwa kembali di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, Jum'at (23/8/19) pagi. Dalam sidang pledoi ini hanya menghadirkan empat orang terdakwa, sedangkan satu terdakwa atas nama Suci Ramadianto, mantan sipir Lapas Bengkalis sudah digelar Rabu (21/8/19) malam kemarin.

Hari ini menyidangkan empat terdakwa yakni Iwan Irawan, Rozali, Surya Dharma dan Muhammad Aris dengan tuntutan sebelumnya dua terdakwa Iwan dan Rozali dituntut pidana mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) sedangkan Surya dan Aris dituntut penjara 20 tahun kurungan penjara.

Sidang pembacaan pledoi ini dipimpin Ketua Majelis Hakim, Zia Ul Jannah, SH didampingi dua hakim anggota Annisa Sitawati, SH dan Mohd. Rizki Musmar, SH. Sementara JPU Kejaksaan Negeri Bengkalis, Aci Jaya Saputra, SH.

Pembacaan pledoi oleh penasehat hukum (PH) terdakwa ini, berlangsung beberapa jam sekitar pukul 09.30 WIB hingga sekitar pukul 11.00 WIB.

Usai sidang, PH yang sempat ditemui sejumlah awak media untuk dimintai tanggapan 'enggan' memberikan pernyataan.

"Wartawan lokalkan, bisa simpulkan sendirilah pledoi tadi yang kita bacakan," ujar Achmad Taufan salah satu PH terdakwa.

Sementara itu, Humas PN Bengkalis Zia Ul Jannah, SH mengatakan, sidang pledoi hari ini memang hanya empat terdakwa yang mengikuti sidang. Sementara pledoi terdakwa Suci Ramadianto sudah dibacakan terlebih dahulu.

"Sebenarnya jadwal pledoi Rabu kemarin. Namun hanya satu terdakwa yang dibacakan oleh PH, karena saat itu PH belum menyiapkan pledoi empat terdakwa lainnya," ujarnya.

Sidang akan kembali digelar Senin (26/8/19) dengan agenda tanggapan JPU atau replik pledoi PH terdakwa. Sementara untuk pembacaan putusan direncanakan Kamis pekan depan.

Diberitakan sebelumnya, setelah sempat terjadi penundaan sidang ketiga kalinya, Kamis (15/8/19) petang, pembacaan tuntutan terhadap lima terdakwa kepemilikan dan peredaran barang haram jenis sabu 37 kilogram, 75 ribu pil ekstasi dan 10 ribu happy five digelar di PN Bengkalis.

JPU meminta kepada majelis hakim untuk memutuskan perkara ini. Memberatkan kelima terdakwa antara lain dalam memberikan keterangan berbelit dan tidak mengakui bahwa barang haram itu adalah bukan milik para pelaku. Sedangkan yang meringankan menurut Penuntut, sama sekali tidak ada atau nihil.

Kelima terdakwa menurut JPU terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Dan meminta kepada majelis hakim menghukum, tiga terdakwa yakni Suci Ramadianto, Rozali dan Iwan Irawan dengan hukuman pidana mati.

Selanjutnya meminta majelis hakim menghukum Surya Darma dan Muhammad Aris dengan pidana penjara 20 tahun denda Rp2 miliar atau subsidair 3 bulan penjara.***(dik)

Foto : Suci Cs mendengarkan tuntutan dibacakan JPU. Tiga dari lima terdakwa ini (depan) dituntut pidana mati pada sidang Kamis (15/8/19) lalu.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang