Selasa, 20 Agustus 2019 18:22

RSUD Indrasari Inhu Tak Miliki SCF Jadi Kendala BPJS Kesehatan Lunasi Claim

BPJS Kesehatan kesulitan dalam melunasi claim yang diajukan RSUD Indrasari Inhu. Pasalnya belum ada SCF di rumahsakit.

Riauterkini-RENGAT-Belum adanya Supply chain financing (SCF) atau Bank talangan yang menalangi terlebih dahulu di RSUD Indrasari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), menjadi kendala BPJS Kesehatan dalam melunasi claim yang diajukan.

Penegasan belum adanya SCF di RSUD Indrasari Inhu hingga menyulitkan BPJS Kesehatan dalam melunasi claim yang diajukan, mengingat masih banyaknya tunggakan dari para peserta iuran BPJS Kesehatan, disampaikan Dery Suryadri Putra, SH Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik Cabang Tembilahan yang membawahi Inhu, Inhil dan Kuansing. Saat berbincang dengan riauterkinicom, Selasa (20/8/19) melalui seluler.

"Dengan belum adanya SCF di RSUD Indrasari Inhu menyulitkan BPJS Kesehatan dalam melunasi setiap claim yang diajukan, mengingat hingga saat ini masih tingginya angka tunggakan dari peserta iuran BPJS Kesehatan," ujarnya.

Namun bila nantinya RSUD Indrasari Inhu telah memiliki SCF atau bank talangan, tentunya pelunasan setiap claim yang diajukan tidak menjadi kendala yang berarti. Karena setiap claim yang telah jatuh tempo akan langsung ditangani atau ditalangi terlebih dahulu oleh bank yang ditunjuk sesuai SCF tersebut.

"Kalau sudah ada SCF di RSUD Indrasari Inhu, setiap claim yang diajukan tidak akan menjadi kendala lagi kalau sudah jatuh tempo, karena bank yang bersangkutan yang akan menalangi terlebih dahulu claim tersebut. Namun sayang nya hingga saat ini belum ada satupun bank yang menjadi SCF di RSUD Indrasari Inhu, mengingat mitra RSUD Indrasari Inhu hanya pada Bank Riau-Kepri, sementara bank yang melakukan SCF tersebut diluar bank Riau-Kepri, seperti bank Mandiri, bank BNI dan lainya," ungkapnya.

," ungkapnya.

Selain belum adanya SCF di RSUD Indrasari, kendala pembayaran claim yang diajukan RSUD Indrasari terhadap BPJS Kesehatan juga terjadi akibat kendala pengajuan claim yang dilakukan RSUD Indrasari Inhu.

"Selain kendala belum adanya SCF di RSUD Indrasari, pelunasan claim yang diajukan RSUD Indrasari Inhu kepada BPJS Kesehatan juga disebabkan pengajuan claim dari RSUD Indrasari Inhu yang masih belum terkoordinasi dengan baik. Hingga mengakibatkan adanya tunggakan," jelasnya. * (guh)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang