Senin, 19 Agustus 2019 16:32

BI Riau Launching QRIS

Permudah sistem pembayaran dalam perdagangan online, BI Melaunching QRIS. Sistem pembayaran ini efektif di 1 Januari 2020.

Riauterkini-PEKANBARU-Bank Indonesia kantor perwakilan Riau melaunching Quick Response (QR) Code Indonesia Standars (QRIS) Senin (19/8/19). QRIS adalah sebagai langkah awal transformasi digital dalam sistem pembayaran Indonesia (SPI) dan keuangan digital.

Demikian diungkapkan Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia Kpw Riau, Syahrul Baharisyah pada acara Media Briefing tentang Grand Launching Quick Code Indonesia Standart (QRIS) Senin (19/8/19). Menurutnya, pada tahap awal, BI memperkenalkan QRIS untuk Merchant Presented Mode (MPM) yang diimplementasikan pada Semester II – 2019 dan secara nasional akan mulai efektif berlaku mulai 1 Januari 2020 untuk memberikan waktu transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Kehadiran QRIS, tambahnya, memungkinkan pembayaran melalui QR akan terinterkoneksi dengan menggunakan satu standar QR Code.

"Menyeragamkan kode QR diharapkan bisa digunakan multi platform, baik perbankan maupun lembaga non bank. QRIS akan membuat pembayaran digital jadi lebih efektif dan efisien," katanya.

Dengan QRIS, tambahnya, pembayaran melalui QR akan terinterkoneksi dan terinteropabilitas dengan menggunakan satu standar QR Code.

Sementara itu, Kepala Fungsi Analisis Sistem Pembayaran dan Keuangan Inklusif, Irwan Anas mengatakan bahwa QRIS ini merupakan salah satu contoh peranan dari BI untuk menjaga sistem keuangan dari disrupsi sistem perekonomian digital. Sebab, dengan berkembangnya ekonomi digital, disaat yang bersamaan juga meningkatkan potensi terjadinya kejahatan dalam sistem keuangan nasional.

“Peran kita bagaimana memastikan inovasi ini benefit bagi ekonomi dan keuangan Indonesia. Market mechanism tidak selalu ada sisi baiknya, ada saatnya market gagal akibat perkembangan industri. Ini peran policy maker menjawab dampak negatif itu,” ungkapnya. *(H-we)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang