Sabtu, 17 Agustus 2019 20:14

Bakal Diresmikan Jokowi, November, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Tuntas

PT Hutama Karya targetkan pengerjaan proyek Jalan Tol Pekanbaru-Duma tuntas bulan November mendatang. Peresmian juga akan dilakukan Presiden Jokowi.

Riauterkini - PEKANBARU - Pengerjaan proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai paling lambat ditargetkan November sudah tuntas dikerjakan. Diharapkan nantinya sebelum pengoperasiannya, akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Demikian dikatakan Direktur Utama PT Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo, di Seksi I, lokasi pembangunan proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Sabtu (17/8/19).

"Kita optimis dalam empat bulan ke depan insya Allah akan tuntas. Kita juga usahakan peresmian nanti kita mohon kesediaan pak Presiden Jokowi," kata Bintang.

"Mudah-mudahan, kita sedang meminta kehadiran beliau. Tol inikan sudah ditunggu masyarakat 10 tahun lalu, insya Allah kalau beliau berkenan, waktunya juga pas, kami akan memohon kepada beliau," papar Bintang.

Saat ini menurut Dirut PT HK, pihaknya terus mematangkan persiapan pengerjaan proyek yang terhitung Juli sudah mencapai 60 persen. Sementara untuk pembebasan lahan keseluruhan sudah mencapai 85 persen.

Dari persentase pembebasan lahan sepanjang 131 kilometer tersebut, diakui Bintang masih ada spot-spot yang masih dalam tahap pembebasan. Namun untuk lahan yang berkaitan dengan masyarakat, sudah final.

"Ini kita sambil mempersiapkan, pipa chevron dan lainnya, tapi kita terus lakukan pematangan bersama para pihak terkait. Fisiknya sendiri, sampai Juli kemarin sudah 60 persen. Memang ada beberapa lahan yang baru dibebaskan. Namun pembebasan lahan berkaitan dengan masyarakat sudah dituntaskan," ungkap Bintang.

Dirut PT HK mengaku, persentase progres akan terus bergerak maksimal menjelang target fisining yang sudah ditentukan. Hal itu lantaran, tingkat kesulitan proyek pembangunan sudah banyak diatasi.

Sesuai dengan mandat Pemerintah RI yang dituangkan dalam Peraturan Presiden no mor 100 tahun 2014 yang diperbaharui melalui Peraturan Presiden nomor 117 tahun 2015, PT HK mendapatkan penugasan pembangunan dan pengusahaan 24 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sepanjang kurang lebih 2.765 km. Penugasan ini pada awalnya terdiri dari 8 ruas prioritas, namun dalam perkembangannya terdapat 4 ruas prioritas tambahan.

Sampai dengan saat ini Pt HK tengah membangun 604 km Jalan Tol Trans Sumatera. Sementara di Pekanbaru, JTTS Ruas Pekanbaru-Dumai yang terbagi menjadi 6 seksi, sepanjang 131 kilometer.

Ruas tol terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 km direncanakan akan diresmikan langsung oleh Presiden RI pada September 2019 dan siap beroperasi. Adapun sisa 33 km dari ruas tersebut yaitu Kayu Agung-Betung, yang akan tersambung hingga Palembang, konsesinya dimiliki oleh pihak lain.

Sedangkan di Sumatera Utara yaitu Ruas Medan-Binjai, Hutama Karya telah menyelesaikan pembangunan jalan tol seksi 2 dan 3 sepanjang 11 kilometer. Sedangkan untuk seksi 1 progres konstruksi telah mencapai 91 persen. *(mok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang