Kamis, 15 Agustus 2019 14:50

Tambah Empat Orang, Tersangka Karhutla di Riau Jadi 35

Kepolisian Daerah Riau hingga saat ini telah menetapkan 35 tersangka kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Riauterkini - PEKANBARU - Setelah sebelumnya merilis jumlah tersangka karhutla sebanyak 31 orang tersangka, hari ini, Kamis (15/08/19) jumlah tersebut bertambah menjadi 35 orang tersangka. Ada penambahan 4 orang tersangka baru.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto menjelaskan penambahan tersangka tersebut yakni di Polres Pelalawan dan juga Polrws Dumai.

"Polres Pelalawan kini menangani 3 orang tersangka dari sebelumnya 2 tersangka dengan luas lahan terbakar 40,9 hektar dan Polres Dumai menangani 8 orang tersangka dimana sebelumnya hanya 5 orang tersangka dengan luas lahan terbakar mencapai 16,5 hektare," Terangnya.

Bukan hanya tersangka, luas lahan yang diduga dibakar oleh para Pelaku juga turut bertambah. Sebelumnya hanya 373.155 hektare kini menjadi 477.155 hektare yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Riau.

Dirincikan Sunarto, sebelumnya penambahan tersangka baru juga terjadi di Polres Bengkalis yang kini jumlah tersangka menjadi 5 tersangka dengan luas lahan yang diduga dibakar oleh pelaku mencapai 110,75 hektare. Kemudian Polres Siak bertambah menjadi 2 orang yang sebelumnya hanya 1 orang. Luas lahan mencapai 3,5 hektare.

Sementara Polres Indragiri Hilir menangani 1 tersangka dengan luas lahan terbakar sekitar 40 hektare. Selanjutnya 3 tersangka kini tengah di tangani Polres Indragiri Hulu dengan luas lahan mencapai 5 hektare.

3 tersangka turut ditangani Polres Rokan Hilir dengan kuas lahan terbakar sekitar 7,05 hektare. Polres Meranti dengan luas lahan 3,2 hektare. Polres Kampar menangani 1 orang tersangka dengan luas lahan 2 hektare.

Sedangkan untuk Polres Kuansing dan Polresta Pekanbaru masing masing menangani 3 orang tersangka. Dengan luas lahan masing-masing yakni 2 hektare dan 1,25 hektare.

Sementara, Polda Riau belum lama ini telah menetapkan satu korporasi menjadi tersangka. Yakni PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) yang kini tengah ditangani Ditreskrimsus Polda Riau. Perusahaan ini beroperasi di kabupaten Pelalawan dimana pada Februari 2019 lalu mengalami kebakaran hutan dan lahan yang cukup luas di arel PT itu.

Sementara menurut data BPBD Riau hingga saat ini karhutla di Riau telah menghanguskan 5.156,88 hektare lahan. Bahkan akibat karhutla ini sejumlah wilayah sempat di Riau sempat diselimuti asap yang menyebabkan udara tidak sehat.***(rul)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang