Senin, 12 Agustus 2019 17:04

Dampak Asap Kiriman, 239 Warga Rohul Menderita ISPA

Dampak asap kiriman akibat karlahut di sejumlah kabupaten/kota di Riau, 239 warga Rohul mulai diserang ISPA. Tersebar di 16 kecamatan.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Dampak asap kiriman dari kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) terjadi di sejumlah kabupaten/ kota di Provinsi Riau, mulai mengganggu kesehatan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rokan Hulu menujukkan, jumlah penderita‎ infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) tersebar di 16 kecamatan yang ada di daerahnya sekira 239 jiwa.

Sebagian besar penderita ISPA sendiri di daerah dekat perbatasan kabupaten, yakni antara Rokan Hulu-Kampar seperti di Kecamatan Kabun, Kecamatan Ujung Batu, dan Kecamatan Rambah Samo.

Kepala Dinkes Kabupaten Rokan Hulu, dr. Bambang Triono, mengungkapkan ddari data dihimpun dari tiga kecamatan, warga terserang ISPA mencapai 95 kasus, seperti di Kecamatan Rambah Samo 43 kasus, Kecamatan Kabun 31 kasus, dan Kecamatan Ujung Batu 21 kasus.

Sedangkan untuk Kecamatan Kabun yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kampar, saat ini pihak Puskesmas Kabun telah meminta bantuan masker, antisipasi asap yang mulai menebal di daerah itu.

Bambang mengatakan secara umum daerah yang terdampak kabut asap di Kabupaten Rokan Hulu baru sebatas daerah-daerah yang berbatasan dengan kabupaten yang terjadi Karlahut.

Sedangkan di Pasirpangaraian dan sekitarnya, yang merupakan pusat ibukota kabupaten, kondisi udara saat masih normal, dan penderita ISPA pada umumnya merupakan kasus rutin terjadi, bukan karena dampak asap Karlahut.

"Kita tetap imbau warga Rohul untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama bayi dan Balita agar dijaga kesehatan. Kita juga imbau, jika kabut asap makin tebal agar mengurangi aktivitas di luar rumah," imbau Bambang.‎

Selain ISPA, paparan asap dari Karlahut, masih data dari Dinkes Rokan Hulu, terdapat sekira 23 kasus iritasi mata 23, 14 kasus iritasi kulit, 1 kasus pneumonia, dan 13 kasus asma.***(zal)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang