Ahad, 11 Agustus 2019 16:29

APBD Bengkalis TA 2019 Mungkin Akan Dirasionalisasi 20 Persen

Beredar kabar, APBD Bengkalis tahun anggaran 2019 ini berkemungkinan akan mengalami rasionalisasi. Besarannya sekitar 20 persen.

Riauterkini-BENGKALIS- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis tahun anggaran (TA) 2019 kemungkinan besar akan dirasionalisasi.

Berapa jumlah besaran rasionalisasinya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Bengkalis masih lakukan pembahasan. Dan kabar yang beredar, rasionalisasi anggaran APBD TA 2019 ini hanya berkisar 20 persen dari total APBD yang disahkan atau disepakati sebelumnya.

Terkait adanya rencana rasionalisasi APBD Bengkalis TA 2019 tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis, H. Bustami HY ketika dikonfirmasi menyatakan kebijakan tersebut dalam proses pembahasan.

"Ya sedang berlangsung pembahasannya," ujarnya, Sabtu (11/8/9) malam tadi.

Apa betul memang ada rasionalisasi di tahun ini?, Sekda Bustami mengakui akan terjadi jika melihat kondisi transfer dana berimbang dari pemerintah pusat ada mengarah ke kebijakan tersebut.

"Kalau melihat tren dana transfer, ada ke arah situ (rasionalisasi, red). tetapi besoklah (Senin, red) ada kepastian termasuk angkanya berapa. Senin akan kita sampaikan ke DPRD," terangnya.

Sedangkan besaran rasionalisasinya berapa persen, Sekda Bustami menegaskan masih dalam pembahasan. Kemudian menyikapi adanya kabar seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkab Bengkalis sudah harus melakukan pemangkasan anggaran sebesar 20 persen, Bustami mengatakan angka itu bisa terjadi, namun akan melihat perkembangan terakhir.

"Kemungkinan maksimal bisa mengarah ke situ (20 persen, red). Dan rasionalisasi 20 persen itu adalah perkiraan beberapa hari yang lalu. Tetapi kita lihat juga perkembangan beberapa waktu terakhir ini. Senin besoklah kita coba bagaimana finalnya," tutupnya.

Sebelumnya, APBD Kabupaten Bengkalis TA 2019 yang disepakati dan disetujui DPRD bersama Tim TAPD Bengkalis, belanja daerah sebesar Rp3,877 triliun.

Apabila akan terjadi rasionalisasi maksimal sebesar 20 persen, maka kegiatan yang sudah masuk dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Bengkalis TA 2019 akan dipangkas sekitar Rp700 miliar lebih dari seluruh perangkat daerah yang ada.***(dik)

Foto : H. Bustami HY, Sekda Bengkalis.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang