Kamis, 1 Agustus 2019 15:52

Kabupaten Rohul Terima Penghargaan dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

Kabupaten Rokan Hulu kembali menerima penghargaan bergengsi di tingkat nasional, yaitu Penghargaan Percepatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa, dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Kabupaten Rokan Hulu, Riau, kembali menerima penghargaan bergengsi di tingkat nasional. Penghargaan Percepatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa, diterima dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri.

Penghargaan diberikan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa yang diikuti 113 pejabat pemerintah pusat, pejabat pemerintah provinsi, serta pejabat dari pemerintah daerah‎.

Selain Kabupaten Rokan Hulu, penghargaan Percepatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri juga diterima Kabupaten Merangin, dan Kabupaten Lombok Barat.

‎Penghargaan tersebut diterima Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Rokan Hulu M. Zaki, S.STP, M.Si, yang diserahkan oleh Dirjen bina Pemdes Kemendagri Dr. Nata Irawan di Hotel Park Regis Arion, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019).

Pada kesempatannya, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Dr Nata Irawan mengatakan instansinya akan akan mengundang seluruh Bupati dan Walikota se-Indonesia untuk menggelar rapat.

"Supaya lebih serius lagi dalam meng-anggarkan APBD masing-masing, untuk penetapan percepatan dan penegasan batas desa di daerahnya masing-masing.

Nata Irawan juga mengimbau seluruh kepala desa (Kades) agar tidak takut dalam menyelesaikan penetapan batas desa di daerahnya.

"Jika ada kendala dalam penetapan penegasan batas desa ini, pemerintah daerah bisa sampaikan kepada kami, apa-apa saja yang dibutuhkan daerah," sampai Nata Irawan.

Sementara, di lain tempat, Bupati Rokan Hulu Sukiman mengatakan penghargaan dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri tentu sangat berharga bagi daerahnya berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Menurut Sukiman, dengan mendapatkan prestasi di tingkat nasional, tentunya hal itu selaras dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, dalam penyelesaian batas desa.

Bupati mengungkapkan sampai Agustus 2019, Pemkab Rokan hulu telah menerbitkan dua Peraturan Bupati (Perbup) tentang penetapan dan penegasan batas desa untuk enam desa se-Kecamatan Tambusai, seta 14 desa se-Kecamatan Rambah.

Diakui Sukiman, penerbitan Perbup Penetapan dan Penegasan Batas Desa harus disesuaikan dengan Peraturan Mendagri Nomor 45 tahun 2016 tentang Penetapan dan Penegasan Batas Desa.

"Tentu saja melalui tahapan teknhis secara geospasial, membutuhkan anggaran dari APBD (Rokan Hulu)," ujar Sukiman.

Pemkab Rokan Hulu,‎ dalam hal ini Bupati Rokan Hulu berkomitmen mendukung sepenuhnya program yang selama ini selalu menjadi harapan masyarakat, dan upaya menertibkan administrasi kewilayahan yang akan dilanjutkan sampai tuntas seluruh batas desa.

Untuk menyelesaikan‎ Penetapan dan Penegasan Batas Desa, sambung Sukiman, sangat diperlukan kerjasama dan partisipasi, baik pemerintah kecamatan, pemerintahan desa, tokoh agama, tokah adat, serta seluruh lapisan masyarakat.

"Ya mereka iky membantu penyelesaian percepatan penetapan dan penegasan batas desa di Kabupaten Rokan Hulu," pungas Bupati Rokan Hulu, Sukiman.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang