Rabu, 31 Juli 2019 15:37

Bursa Inovasi Desa Cluster III Rohul 2019 di Rambah Hilir‎, Bupati Sukiman Minta Desa Berinovasi

Bupati Rokan Hulu H.Sukiman mengatakan Bursa Inovasi Desa merupakan wadah untuk memamerkan kegiatan inovasi, dan bertujuan menjembatani kebutuhan pemerintah desa.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman mengatakan Bursa Inovasi Desa merupakan wadah untuk memamerkan kegiatan inovasi, dan bertujuan menjembatani kebutuhan pemerintah desa.

Hal itu disampaikan Bupati Sukiman saat membuka Bursa Inovasi Desa Kabupaten Rokan Hulu Cluster III Tahun 2019 di Kantor Kecamatan Rambah Hilir dengan tema "Datang, Komit, Tiru, Maju‎", Rabu (31/7/2019).

Bursa Inovasi Desa Cluster III Kabupaten Rokan Hulu, merupakan Program Inovasi Desa Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi‎, diikuti seluruh desa dari empat kecamatan,‎ yakni Kecamatan Rambah Hilir, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kecamatan Kepenuhan, dan Kecamatan Bonai Darussalam.

Pembukaan Bursa Inovasi Desa Cluster III Rokan Hulu di kantor Camat Rambah Hilir, ditandai pemukulan gong oleh Bupati turut dihadiri Sekda Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Kepala Dinas PMPD Rokan Hulu Margono, dan Rektor UPP DR. Adolf Bastian M.Pd.

Bupati Rokan Hulu Sukiman menyambut baik Bursa Inovasi Desa. Ia menilai kegiatan ini sangat penting bagi pemerintah desa, bagaimana memanfaatkan bantuan dana desa dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan‎ pembangunan desa.

"Sudah ada petunjuk lapangannya tinggal milih, ada infrastruktur, ada kewirausahaan, ada pariwisata. Semuanya sesuai dengan kemampuan dan kondisi alam yang ada di desanya," jelas Bupati.

Menurut Sukiman, Bursa Inovasi Desa juga merupakan salah satu bentuk pameran yang menghimpun kegiatan pembangunan masyarakat desa yang inovatif, sekaligus sebagai ajang pertukaran pengetahuan, serta penyebarluasan kegiatan ke masyarakat desa.

"Bagi masyarakat desa kegiatan ini akan menjadi sarana dan media untuk berbagi pengetahuan, dan kegiatan pembangunan di desa yang bertujuan memberikan inspirasi," kata Bupati Sukiman.

Bupati Rokan Hulu mengharapkan pemerintah desa bisa melakukan replikasi kegiatan dengan sumber dana yang ada di desanya masing-masing yang nantinya difasilitasi Pendamping Desa.

Bursa Inovasi Desa diharapkan Bupati juga mampu memicu munculnya inovasi, pertukaran pengetahuan secara partisipatif, dan efektif bagi pemerintah desa dalam menyusun penggunaan dana desa, sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat desa.

Kepala desa bersama ketua badan permusyawaratan desa diminta Bupati Rokan Hulu komitmen dalam melakukan replikasi kegiatan inovasi, melalui kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dan membahasnya secara bersama, agar mendapatkan kesepakatan dalam musyawarah desa.

Musyawarah juga harus melalui mekanisme perencanaan reguler, mempersiapkan agenda penyelesaian RPJM Daerah dan RPJM Desa, sehingga proses pembangunan desa dan kabupaten bersinergi terencana terarah dan terukur dengan baik. ‎

Pembukaan Bursa Inovasi Desa Cluster III Kabupaten Rokan Hulu di Kantor Kecamatan Rambah Hili juga‎ dihadiri Camat Rambah Hilir Zulhendri S.Sos, M.Ip, Camat Bonai Darussalam H. Basri, Camat Kepenuhan Hulu ‎Agus Salim,‎ dan perwakilan Polsek Rambah Hilir.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang