Selasa, 23 Juli 2019 13:35

Berkas Hasil Rapat Pleno Terbuka Penetapan Segera Dikirim KPU Rohul ke Gubernur Riau

Hasil rapat pleno terbuka KPU Rohul yang digelar tadi malam, akan segera disampaikan kepada Gubernur R iau. Rapat pleno itu membahas Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Caleg DPRD Rohul hasil pemilu lalu.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu Pemilihan Umum (Pemilu) 2019,‎ Senin malam (22/7/2019).

Rapat Pleno Terbuka di Sapadia Hotel Pasirpangaraian dihadiri Bupati diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rokan Hulu M. Zaki,‎ Ketua DPRD Rokan Hulu Kelmi Amri SH, Ketua Bawaslu Rokan Hulu Fajrul Islami SH, MH.

Rapat Pleno Terbuka yang dijaga ketat personel Polres Rokan Hulu ini turut dihadiri Komisioner KPU Riau dari Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM Nugroho Noto Susanto, perwakilan Polres dan Kodim 0313/KPR, perwakilan partai politik‎, dan undangan lain.

Pada kesempatannya, Ketua DPRD Rokan Hulu Kelmi Amri mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, TNI dan Polri, serta Satpol PP yang telah ikut mensukseskan Pemilu 2019.

Kelmi juga mengucapkan selamat ke Partai Gerindra sebagai pemenang Pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Rokan Hulu. Ia menitipkan Rokan Hulu kepada partai besutan Prabowo Subianto ini untuk lima tahun mendatang.

Selain itu, ‎Kelmi mengharapkan Pemilu 2019 menjadi bahan evaluasi KPU RI. Pileg dan Pilpres, menurutnya tidak bisa dilaksanakan serentak. Selain menyita tenaga, sampai-sampai saksi partai kurang tidur.

Menurutnya, semakin banyaknya jumlah TPS di Pemilu 2019 menjadi 1.515 TPS, membuat partai kewalahan dalam mencari saksi. Bukan itu saja, cost dikeluarkan partai juga cukup besar.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rokan Hulu, M. Zaki mewakili Bupati juga berterima kasih kepada KPU, Bawaslu, Polres Rokan Hulu, Kodim 0313/ KPR, Satpol PP, dan pihak lain yang telah mensukseskan Pemilu 2019 di daerahnya.

Ia mengharapkan, 45 Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu terpilih periode 2019-2024 yang akan dilantik tetap bersinergi dan berkoordinasi baik dengan pemerintah daerah, dalam membangun daerah ke depannya.

Zaki menambahkan, setelah Pleno Terbuka Penetapan, maka selanjutnya KPU Rokan Hulu akan mengirimkan berkas ke Gubernur Riau, melalui Bupati Rokan Hulu.

Sementara, Ketua KPU Rokan Hulu Elfendri, mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah ikut‎ mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

Elfendri‎ menuturkan setelah pleno, tugas KPU selanjutnya adalah mengirim semua berkas yang diperlukan kepada Gubernu3 Riau, melalui Bupati Rokan Hulu untuk diproses.

"Selanjutnya menjadi kewenangan Gubernur Riau selaku perpanjangan tangan Mendagri yang akan menggantikan sesuai dengan akhir masa jabatan anggota DPRD Rokan Hulu," kata Elfendri.

Ia menambahkan masa jabatan anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu periode 2014-2019 baru berakhir 1 September 2019.‎ Diperkirakan, 2 September 2019 anggota DPRD Rokan Hulu periode 2019-2024 sudah dilantik.

"Sudah selesai, tinggal menyerahkan berkas (ke Gubri). Artinya proses pemilu 2019 untuk tingkat DPRD sudah selesai. Kami hanya diberi waktu 7 hari untuk meneruskan ini ke Gubernur," pungkas Elfendri.

Masih di tempat sama, Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto‎, Korwil Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Kampar, mengatakan catatan khusus terkait pleno tidak ada yang terlalu spesifik. Namun,‎ ia menyoroti pleno penetapan tidak seantusias pada pleno rekapitulasi kabupaten beberapa waktu lalu.

"Pleno penetapan ini nampaknya landai-landai, lebih santai gitu. Ya mungkin karena dianggap pertarungan sudah selesai," kata Nugroho.

Ia menambahkan KPU Rokan Hulu menggelar pleno penetapan karena daerah ini tidak ada gugatan di tingkat DPRD kabupaten, sehingga dianggap clear bersama lima kabupaten lain, seperti Rokan Hilir, Pelalawan, Kepulauan Meranti dan Kabupaten Kampar.

Sedangkan enam kabupaten lain masih menunggu proses sidang putusan akhir di Mahkamah Konstitusi, seperti misalnya Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Dumai, Bengkalis dan kota Pekanbaru," pungkas Nugroho.‎***(zal)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang