Sabtu, 20 Juli 2019 09:34

Di PHK, Dua Pekerja di Bengkalis 'Ngadu' ke Disnaker

Dua warga mendatangi Kantor Disnaker Bengkalis. Mengadukan keputusan sepihak perusahaan memecat keduanya.

Riauterkini-BENGKALIS- Diwakili Dewan Pengurus Serikat Pekerja Bengkalis Independen (SPBI) Kabupaten Bengkalis, dua pekerja di Plaza Hiburan Bengkalis dan Tambak Udang, mengadukan nasibnya ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkalis.

Menyusul dua pekerja tersebut merasa diberhentikan dari pekerjaan atau Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak.

Menindaklanjuti aduan itu, Jum'at, (19/7/19) siang, mendatangi Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Tenaga Kerja (Naker) Bengkalis untuk mempertanyakan tindak lanjut dua surat pengaduan yang di kirimkan ke Disnaker Bengkalis.

Ketua SPBI Bengkalis, Akmam Adiputra meminta kepada Disnakertrans Bengkalis untuk segera melakukan upaya mediasi adanya permasalahan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Seharusnya sejak surat dimasukkan selama tujuh hari sudah ada panggilan dari dinas terkait kepada serikat atau si pekerja dan maksimal sudah 30 hari dan sudah mengeluarkan anjuran terkait perselisihan ini," ungkap Akmam. 

Dua surat disampaikan ke Disnaker Bengkalis perselisihan yakni pemberhentian salah seorang pekerja di Plaza Hiburan dan satunya lagi pekerja di salah satu tambak udang di Desa Pangkalan Batang.

"Surat tersebut sudah dikirim April dan yang kedua Mei 2019, namun sampai sekarang belum ada tanggapan dari Disnaker," katanya lagi.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala UPT Naker Bengkalis, Hj. Hasnun Akmal menyebutkan, bahwa surat yang di sampaikan SPBI tidak disampaikan ke UPT Kecamatan Bengkalis tetapi langsung dikirim ke Disnaker Kabupaten di Kecamatan Mandau. Dan saat ini UPT Naker Bengkalis hanya menunggu yang diteruskan ke UPT untuk ditindaklanjuti.

"Untuk penyelesaian perselisihan tersebut pihaknya juga harus mengetahui persoalannya. Apakah dari perusahaannya atau dari pekerjanya. Misalnya apakah ada perjanjian kontrak atau hanya bekerja biasa. Apa yang diadukannya ini, kita masih menunggu petunjuk dan informasi dari dinas," katanya lagi.***(dik)

Foto : SPBI Bengkalis mendatangi Kantor UPT Naker Bengkalis.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang