Jum’at, 19 Juli 2019 12:30

Sektor Migas Beri Andil Pertumbuhan Ekonomi Riau 2,3 Persen

Ekonomi Riau diklaim tumbuh 2,3 persen sepanjang 2019 ini. Sektor migas memberikan andil pertumbuhan itu.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Terhitung di tahun 2019 ini pertumbuhan ekonomi Riau terjadi peningkatan sebesar 2, 3 persen, kenaikan ini menurut pengamat ekonomi Riau Trian Zulhadi, bersumber dari sektor migas.

"Perekonomian Riau ini sangat bergantung dari sektor migas. Jika exspor migas turun maka akan berdampak juga terhadap perekonomian Riau. Tentunya ini akan berpengaruh pada kesejateraan masyarakat," kata Trian Zulhadi, Jum'at (19/7/2019) siang di Telukkuantan.

Menyikapi masalah ini, menurutnya pihak pemerintah Provinsi harus bisa mencari sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru dengan memperbanyak industri hilir dari komoditi karet dan sawit.

Sebab, saat ini Riau hanya memiliki Wilmar satu-satunya perusahaan pengolah minyak mentah menjadi minyak goreng. Sementara harga sawit selalu terjadi fluktuaktif begitu juga dengan harga karet.

"Nah, kalau ada sumber pertumbuhan ekonomi baru dari industri hilir lain seperti pabrik ban dan sepatu maka ini juga dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi," beber Trian.

Selain itu, kata Trian industri hilir ini juga dapat menyerap tenaga kerja dan bisa mengurangi angka pengangguran, sehingga tingkat kesejateraan masyarakat juga terjadi pergerakan.

Sementara untuk sektor pariwisata jika diprioritaskan apakah akan dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi Riau, ia sedikit pesimis sebab sektor ini pergerakannya terhadap perekonomian melambat.

"Apalagi saat ini sektor infokom tumbuh sangat cepat. Kalau tidak diantisipasi maka Riau akan tertinggal dari Provinsi lain, walaupun IPM Riau tertinggi ke 3 secara Nasional," tutup Trian Zulhadi.* (Jok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang