Sabtu, 13 Juli 2019 21:02

Mahasiswa KUKERTA Universitas Riau Ajarkan Warga Rempak Buat Stick dari Kulit Singkong

Mahasiswa UR Sosialisasi pembuatan stick dari kulit singkong yang dinamakan Stick Kusinpak di Sabak Auh, Siak. Diharapkan hasil yang didapatkan menjadi masakan khas desa.

Riauterkini-PEKANBARU- MahasiswaKuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau di Desa Rempak, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak mengadakan Sosialisasi pembuatan stick dari kulit singkong yang dinamakan Stick Kusinpak.

SosialisasiStick Kusinpak (kulit Singkong Rempak)yang diikuti oleh kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berlangsung antusias. Kegiatan sosialisasi ini merupakan program pemberdayaan ekonomi kreatif bagi masyarakat desa.

Tujuannya, dengan stick yang dihasilkan itu, selain untuk makanan ringan pribadi, masyarakat juga bisa menjadikan bisnis untuk dijual di Siak dan menjadikan Stick Kusinpak ini sebagai makanan khas Desa Rempak.

Menurut Riki, dengan adanya Stick Kusinpak yang berasal dari Kulit Singkong Rempak dapat mengurangi limbah rumah tangga yang menjadi perhatian masyarakat baru-baru ini.

“Setidaknya masyarakat tidak perlu risau lagi mengenai limbah kulit singkong, ini merupakan sebuah inovasi yang akan dijadikan ciri khas desa Rempak.” Ujar Riki yang didampingi pemandu kegiatan, Siti Rohimah dan Miftahul Rizky.

Riki menuturkan, Stick yang berasal dari kulit singkong ini pernah diikutsertakan pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Riki menambahkan, adapun bahan yang digunakan untuk pembuatan stick kusinpak tersebut antara lain kulit singkong yang merupakan bahan utamanya, tepung terigu, tepung kanji, telur, garam dan penyedap rasa.

Salah seorang warga Rempak, Imah, menuturkan bahwa, Stick Kusinpak yang terbuat dari kulit Singkong hasil kreativitas mahasiswa Unri tersebut menjadi pengetahuan baru bagi masyarakat. “Enak, lezat dan renyah. Ada varian rasanya juga. Kami sangat kaget melihat hasilnya,” ujar Imah.***(rls)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang