Kamis, 11 Juli 2019 19:54

Angkut Kayu Tanpa Dokumen, Supir Truk Ini Dituntut 2,5 Tahun Penjara

Supir truk tronton ini tak dapat berkata-kata saat mendengar jaksa menuntutnya hukuman dua setengah tahun penjara karena telah membawa kayu tanpa dokumen resmi.

Riauterkini-PEKANBARU-Ilhamdi Yules, hanya dapat meratapi nasibnya, setelah jaksa menyatakan dirinya terbukti bersalah melakukan perbuatan melawan hukum.

Ilham, seorang supir truck tronton yang diupah oleh Iwan (DPO) mengangkut kayu olahan menuju Kota Medan itu, tak menyangka jika kayu olahan yang dibawanya itu tanpa memiliki kelengkapan dokumen.

Setelah menjalani proses persidangan, ia pun dinyatakan jaksa bersalah dan dituntut dengan pidana penjara selama 2 tahun 6 bulan.

Dalam amar tuntutan jaksa penuntut umum, Himawan Putra SH pada sidang lanjutan Kamis (11/7/19) sore, Ilham dinyatakan terbukti secara sah melanggar Pasal 83 ayat 1 huruf b Jo Pasal 12 UU RI nomor 18 tahun 2013, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan.

" Menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun 6 bulan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan," terang jaksa Himawan dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

Atas tuntutan tersebut, persidangan yang dipimpin majelis hakim Sorta Ria Neva SH, mempersilakan terdakwa untuk mengajukan pembelaan dan disampaikan pada sidang pekan depan.

Berdasarkan dakwaan, terdakwa yang tengah melintas mengendarai truck tronton bernopol BK 9297 XA di Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru- Minas, tiba tiba dihentikan tim gabungan Satlantas Polda Riau dan Polisi Kehutanan Riau.

Saat diperiksa muatan truck yang dikemudikan terdakwa. Terdakwa tidak dapat menunjukan kelengkapan dokumen sebanyak 3252 keping kayu olahan yang diangkut terdakwa.

Setelah barang bukti diamankan, Iwan selaku pemilik kayu olahan hingga saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).***(har)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang