Kamis, 11 Juli 2019 11:59

Pemuda dan Pokdarwis Remaja Sialang Jaya Taja Festival Pesona Danau Sipogas 2019

Digelar Festival Pesona Danau Sipogas 2019. Kegiatan untuk mempromosikan destinasi unggulan di Rohul.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Karang Taruna bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Remaja Sialang Jaya, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menaja Festival Pesona Danau Sipogas 2019.

Festival Pesona Danau Sipogas‎ yang akan digelar 16-17 Agustus 2017 tersebut adalah upaya pemuda dan Pokdarwis Remaja Sialang Jaya, dalam mempromosikan objek wisata Danau Sipogas ke dunia luar.

Ketua Pokdarwis Remaja Sialang Jaya, Rahmat Syahputra, mengatakan Festival Pesona Danau Sipogas 2019 mengangkat tema "Memacu Ekowisata Lintas Generasi di Negeri Seribu Suluk".

Festival ini sendiri telah mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Sialang Jaya, Camat Rambah, serta pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu, termasuk masyarakat dan pemuda.

Rahmat mengharapkan Festival Pesona Danau Sipogas yang baru pertama dilaksanakan ini mengenalkan objek wisata Danau Sipogas ke dunia luar. Bukan hanya tingkat provinsi saja, tapi bisa dikenal di tingkat nasional dan internasional.

‎Diakuinya, even yang turut memeriahkan HUT ke-74 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini juga bertujuan melestarikan dan menumbuhkan minat masyarakat terhadap seni dan budaya asli Rokan Hulu, membangun kebersamaan, membangun kreativitas masyarakat agar sadar wisata, dan‎ sebagai salah satu mata rantai pergaulan kehidupan berbudaya.

Rahmat menambahkan ada beberapa kegiatan yang akan digelar di Festival Pesona Danau Sipogas perdana ini,‎ mulai permainan rakyat, lomba sampan dayung tradisional, lomba masak makanan tradisional Rokan Hulu.

"Nanti ada juga lomba lintas alam, lomba lagu dangdut dan daerah, lomba foto festival, termasuk kegiatan bergengsi Sipogas Hills Run (lari bukit)," ungkap Rahmat, Kamis (11/7/2019).

Sementara, Kepala Desa Sialang Jaya, Yuherman Daulay, mengaku pemerintah desa bersama Pemerintah Kecamatan Rambah sangat mendukung even yang ditaja pemuda dan Pokdarwis Remaja Sialang Jaya tersebut.

Menurut Yuherman, selain mempromosikan objek wisata Danau Sipogas, tentunya even wisata seperti ini ikut melestarikan dan menumbuhkan minat masyarakat terhadap seni dan budaya asli Rokan Hulu.

"Nantinya even ini akan menjadi kalender tahunan. Kita berharap dengan banyaknya kegiatan di Festival Pesona Danau Sipogas juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat," harapan besar Yuherman.

Yuherman menambahkan Pemkab Rokan Hulu telah mendorong masyarakat untuk megelola potensi objek wisata yang ada di daerahnya masing-masing. Dengan adanya Pokdarwis Remaja Sialang Jaya, ia berharap even yang digelar dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

"Ya kita berharap Festival Pesona Danau Sipogas tahun 2019 ini berjalan sukses nanti," pungkas Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay.***(zal)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang