Rabu, 10 Juli 2019 17:57

Minta Semua Elemen Peduli, Kepala BNPB Pimpin Apel Siaga Pencegahan Karhutla

Apel siaga gerakan pencegahan Karhutla 2019 dipimpin Kepala BNPB Letjen (Purn) Doni Monardo. Semua elemen diminta turut peduli antisipasi kebakara.

Riauterkini - PEKANBARU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (Purn) Doni Monardo pimpin apel siaga gerakan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2019 di Riau.

Apel siaga ini diikuti TNI, Polri dari berbagai satuan, mengganggu agni, pemadam kebakaran. Kegiatan ini apel siaga Karhutla Riau kali ini diikuti, APP Sinarmas dengan menampilkan beberapa pasukan pemadam, teknologi, maupun fasilitas. Antara lain, Personel Tim Reaksi Cepat, Situation Room (monitoring deteksi dini kebakaran), Mobil patroli, Sepeda motor patroli, Mesin pompa, Nozzle pemadam multifungsi Sambunesia.

Adapun dalam sambutannya, Kepala BNPB menyatakan perlunya melakukan antispiasi sedini mungkin sebelum terjadinya Karhutla, yakni dengan melakukan pencegahan.

"Utamakan pencegahan, bukan penanggulangan. Kebakaran ada dua faktor yakni karena alam dan manusia. Berdasarkan hasil kajian dari alam kecil hanya 1 persen. Sementara 99 persen manusia," kata Kepala BNPB, Rabu (10/7/19).

Pencegahan sangat diutamakan, mengingat potensi Karhutla terjadi diyakini 99 persen karena ulah manusia. Karena itu, pendekatan bersifat humanis terhadap masyarakat dengan melibatkan tokoh masyarakat, agama dan unsur lainnya.

Mantan Danjen Kopassus ini mengingatkan tahun ini diprediksi kemarau relatif panjang, meski tak seperti 2015 lalu. Karena itu provinsi yang selama ini menjadi langganan Karhutla seperti Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Tengah, Selatan perlu ada persiapan dini.

Terlebih, tanah gambut di Riau memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan daerah lainnya. Gambut di Riau bisa mencapai puluhan meter yang jika terjadi kebakaran akan sulit dipadamkan.

Usai memimpin upacara gerakan pencegahan Karhutla, Kepala BNPB kemudian berkesempatan meninjau stan milik PT Ara Abadi yang tergabung dalam group Sinarmas. Berbagai peralatan pemadaman dan alat pendeteksi cuaca juga ditampilkan.

Hadir pada kesempatan ini, Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, Kajati Riau Uung Abdul Syakur, Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Kepala BBPBD Riau Edwar Sanger serta berbagai pihak terkait lainnya.*(mok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang