Rabu, 10 Juli 2019 10:44

Kuartal I 2019, Pertumbuhan Ekonomi Riau Meningkat

Pertumbuhan ekonomi Riau di kuartal I 2019 meningkat dibandingkan periode sebelumnya. Dari 1,28 persen menjadi 2,88 persen.

Riauterkini-PEKANBARU-Perekonomian Riau pada kirin waktu Januari-April 2019 mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada kuartal pertama 2019 tercatat sebesar 2,88 persen.

Demikian dikatakan Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Decymus Rabu (10/7/19). Menurutnya, kenaikan pertumbuhan perekonomian Riau mencapai 1 persen. Yaitu dari 1,28 pada kuartal akhir 2018 menjadi 2,88 persen pada kuartal I 2019.

" Pertumbuhan ekonomi Riau tidak terlepas dari produksi CPO dari sawit. Ketika beberapa waktu lalu harga sawit turun, pertumbuhan perekonomian di Riau juga mengalami penurunan. Artinya adalah bahwa perekonomian di Riau cukup ditopang oleh hasil SDA Riau terutama di sektor perkebunan," terangnya.

Namun demikian, Riau bukanlah provinsi sentra produksi. Banyak komoditi yang ada di Riau bukanlah produksi lokal Riau.

Sejauh ini, Riau masih tergantung dari beras provinsi lain. Masih menggantungkan pasokan dari Sumatera Barat dan Sumatera Utara untuk pemenuhan kebutuhan sayuran seperti cabe, bawang dan lainnya.

"Nilai ketergantungan Riau cukup tinggi terhadap pasokan komoditas kebutuhan dari provinsi lain," terangnya.

Yang menjadi catatan adalah, Bank Indonesia mencatat, terjadi peningkatan di kinerja keuangan daerah. Meningkat dibandingkan triwulan I 2018. Namun hal itu disebabkan oleh adanya realisasi dana perimbangan pusat. Sementara Pendapatan Asli Daerah seperti pajak justru mengalami penurunan.*(H-we)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang