Selasa, 25 Juni 2019 18:24

Kawanan Gajah Rusak Tanaman Warga Cerenti, Kuansing

Lima kawanan gajah berkeliaran di Desa Pesikaian, Kecamatan Cerenti, Kuansing. Hewan dilindungi ini sempat merusak kebun warga.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Lima kawanan Gajah tengah berkeliaran di Kecamatan Cerenti, tepatnya di Desa pesikaian. Sebelumnya kawanan Gajah juga sempat menyasar di Desa Sikakak.

Info yang diterima kawanan Gajah ini dikabarkan sempat merusak perkebunan milik warga sekitar seperti karet dan sawit. Meskipun tidak ada menimbulkan korban jiwa, namun masyarakat dibuat cukup cemas.

Kasubag Humas Polres Kuansing AKP Kadarusmansyah, juga membenarkan adanya kawanan Gajah ini. Menurutnya, jumlah Gajah ini ada lima ekor.

"Ada lima ekor yang terlihat, tapi masyarakat dan aparat di sana tak bisa mendekat karena dapat membahayakan, sebab Gajah liar," ujar Kadarusmansyah, Selasa (25/6/2019) kepada wartawan.

Menurutnya, pengrusakan kebun milik warga oleh kawanan Gajah ini, terjadi Rabu (19/6/2019) lalu, di Desa Pesikaian Kecamatan Cerenti.

"Kebun karet ada sekitar 20 pohon yang di rusak sedangkan sawit ada sekitar 30 batang," jelas Kadarus.

Diperkirakan lima kawanan Gajah liar ini, berasal dari Hutan Lindung Teso Nilo, Kabupaten Pelalawan.

Saat ini menurutnya lima kawanan Gajah ini masih berada di sekitar kebun warga dan tak jauh dari pemukiman masyarakat.

"Hingga kini masyarakat masih berjaga-jaga dan mengusir Gajah dengan peralatan seadanya," kata Kadarus.

Sejauh ini menurutnya, langkah yang dilakukan koordinasi dengan bagian rehab Dinas Kehutanan Kuansing dan pihak BKSDA Desa Petai Kecamatan Singingi Hilir.

"Kemudian kepada masyarakat dihimbau supaya tidak meracuni dan membunuh Gajah tersebut, dan berjaga-jaga agar tidak masuk pemukiman warga," terangnya.* (Jok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang