Selasa, 25 Juni 2019 15:42

Harga Tiket Melambung, Realisasi Avtur Pertamina MOR I Menurun

Periode Ramadhan dan Idul Fitri 2019, realisasi Avtur oleh Pertamina MOR I Sumbagut menurun. Hal ini diperkirakan akibat rendahnya masyarakat yang menggunakan transportasi udara lantaran harga tiket pesawat yang tinggi.

Riauterkini - PEKANBARU - General Manager Marketing Operation Region (MOR) I, Agustinus Santanu Basuki didampingi Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo menjelaskan realisasi penyaluran avtur yang merupakan bahan bakar pesawat menurun di momen Rafi 2019. Hal ini diperkirakannya akibat tingginya harga tiket pesawat yang dinilai melemahkan minat masyarakat menggunakan transportasi udara dalam mudik ke kampung halaman.

"Avtur memang paling rendah proyeksinya dari yang diperkirakan, mungkin akibat tiket pesawat tinggi. Meski begitu penyaluran berjalan dengan baik," ujarnya kepada Riauterkini.com.

Rincinya, untuk Provinsi Aceh penurunan terjadi hingga 55 persen. Sementara untuk provinsi Sumatera Utara mencapai 19 persen. Riau sendiri penurunan cukup tinggi yakni mencapai 25 persen. Kemudian Sumatera Barat penurunan hingga 23 persen.

Meski begitu, dari lima provinsi yang menjadi wilayah operasionalnya, hanya di Kepulauan Riau penyaluran Avtur mengalami peningkatan sebesar 1 persen.

Sementara, untuk penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM), di wilayah operasinya memang cenderung meningkat. Walau begitu jika dibandingkan 2018 diperiode yang sama, penyaluran BBM turun.

Untuk di wilayah Riau, penyaluran BBM mayoritas meningkat. Misalnya seperti jenis Premium meningkat 6 Persen, Pertalite turun 4 persen, Pertamax naik 67 persen, Pertamax Turbo naik 3 persen, Solar turun 13 persen, Dexlite naik 16 persen, dan Dex naik 5 persen.

Sementara, keniakan juga terjadi dipenyaluran BBM 1 harga. Dimana untuk premium meningkat hingga 97 persen dan Bio Solar naik 7 persen.

"Untuk Satgas Rafi 2019, berjalan normal tidak ada hambatan seperti penyelundupan BBM dan sebagainya," singkatnya.***(rul)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang