Senin, 24 Juni 2019 19:10

Faktor Umur dan Resiko Tinggi, 60 Persen Lebih JCH Bengkalis Perlu Pendampingan Alat dan Orang

Dinkes Bengkalis laporkan hasil pemeriksaan JCH. 60-65 persen dari 459 JCH wajib diberikan pendampingan karena faktor usia.

Riauterkini-BENGKALIS- Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkalis memastikan bahwa seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bengkalis telah selesai melakukan pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, dilaporkan sekitar 60-65 persen dari 459 JCH atau sekitar 280 orang JCH wajib diberikan pendampingan. Selain pendampingan karena faktor umur juga pengaruh faktor resiko tinggi kesehatan para JCH yang akan diberangkatkan menuju Kota Suci Makkah dan Madinah serangkaian ibadah haji 1440 H/2019 M yang dijadwalkan serentak 13 Juli 2019 mendatang melalui Embarkasi Antara Pekanbaru.

Demikian diungkapkan Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis, dr. Ersan Saputra TH melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes), Heri Pratikno, SKM, MPH kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (24/6/19) siang.

Meskipun wajib pendampingan, ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt). Sekretaris Dinkes Bengkalis ini, dari hasil pemeriksaan seluruh JCH Kabupaten Bengkalis dinyatakan keadaan layak untuk diberangkatkan.

"Hasil Pemeriksaan kita, mereka semua dinyatakan layak untuk diberangkatkan. Dan akan diberikan kartu layaknya sebagai salah satu persayaratan pelunasan JCH yang akan ke tanah suci," terang Heri.

Sambung Heri, JCH yang harus menggunakan pendampingan baik alat maupun orang, merupakan jamaah beresiko tinggi. Diantaranya JCH telah lanjut usia, dan memiliki penyakit bawaan seperti kolesterol, darah tinggi dan penyakit rawan lainnya.

Selain pemeriksaan kesehatan JCH Bengkalis yang akan berangkat ini juga sudah dilakukan vaksinasi Dinkes. Diantaranya wajib vaksinasi menigitis dan juga vaksinasi pilihan influenza.

"Dan Alhamdulilah pada tahun ini JCH kita berangkat dalam satu kloter. Dari persiapan kesehatan semua JCH sudah siap, tinggal menunggu jadwal keberangkatannya," kata Heri seraya menyebutkan JCH tertua Kabupaten Bengkalis berumur sekitar 88 tahun dan termuda sekitar 23 tahun.***(dik)

Foto : Heri Pratikno, SKM, MPH.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang