Senin, 24 Juni 2019 15:42

Perekonomian Terus Menurun, Pemkab Kuansing Disarankan Gunakan Anggaran pada Pos Primer

Pengamat ekonomi Riau asal Kuansing menyarankan pemerintah daerah lebih fokus menempatkan pos anggaran di bidang primer sesuai kebutuhan daerah, karena kondisi perekonomian sedang menurun.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Pengamat ekonomi Riau asal Kuansing Trian Zulhadi, menyarankan pihak pemerintah daerah supaya lebih fokus menempatkan pos anggaran di bidang primer sesuai kebutuhan daerah, karena kondisi perekonomian sedang menurun.

"Kita melihat kesejahteraan masyarakat semakin hari makin menurun, karena lemahnya daya beli sehingga berdampak pada lebarnya disparitas pendapatan antar golongan di Kuansing," ujar Trian Senin (23/6/2019) di Talukkuantan.

Menurutnya, saat ini pergerakan pasar lesu di segala sektor ekonomi, baik barang dan jasa, karena kebijakan ekonomi di tingkat pusat. Kondisi ini kata Trian, berdampak pada daerah.

"Kita lihat saja satu contoh beberapa bandara di Indonesia, gerai gerainya sudah mulai merumahkan karyawan akibat mahalnya tiket pesawat domestik, tentunya ini berpengaruh pada daerah," jelasnya.

Tidak hanya itu, bahkan kata Trian, ekspor minyak sawit juga menurun akibat permintaan sawit dunia juga ikut menurun.

Melihat situasi ekonomi Nasional ini maka menurutnya pihak pemerintah diharapkan fokus menempatkan anggaran belanja daerah pada pos pos primer.

"Ini harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing, terutama menyangkut peruntukan belanja modal langsung yang bisa menyentuh ekonomi rakyat kecil," sarannya.* (Jok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang