Kamis, 20 Juni 2019 14:47

Pemprov Terus Lobi Pusat Agar DBH Riau Triwulan IV 2019 tak Tunda Salur

Pemerintah Provinsi Riau berupaya melakukan pendekatan ke pusat agar Dana Bagi Hasil (DBH) Riau triwulan IV tahun 2019 tak terjadi tunda salur.

Riauterkini - PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau berupaya melakukan pendekatan ke pusat agar Dana Bagi Hasil (DBH) Riau triwulan IV tahun 2019 tak terjadi tunda salur.

Bahkan sudah beberapa pertemuan dilakukan termasuk terakhir dengan Dirjen Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah.

"Harapan kita jangan sampai. Tapi kita sudah berulang kali ke kementerian terkait mengawal agar tahun ini betul-betul jangan ada tunda salur," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, Kamis (20/6/19).

Meski menyadari kemungkinan tunda salur sulit terelakkan. Harapan agar apa yang menjadi hak masyarakat Riau melalui program kegiatan pembangunan bisa direalisasikan.

"Dalam perhitungan mereka akan ada tunda salur DBH di triwulan IV. Kita hanya berharap dan kita tetap upayakan," ujar Hijazi.

Seandainya memang DBH Riau triwulan IV tahun 2019 itu nanti terjadi tunda salur, tentu berdampak terhadap perencanaan penganggaran dari sisi penerimaan pendapatan.

"Artinya kalau tunda salur terjadi reschedule pembayaran sulit. Kesulitan itu yang kita alami, bahkan hampir semua daerah penghasil migas mengeluhkan itu," terangnya.

Tunda salur DBH juga dikhawatirkan berdampak terhadap defisit anggaran. Seperti tahun lalu, yang semula Pemprov Riau diperkirakan defisit sebesar Rp1,9 triliun tidak terjadi karena DBH triwulan IV disalurkan pusat.

"Tahun lalu Alhamdulillah DBH triwulan IV dengan perjuangan kita semua disalurkan, sehingga untuk provinsi Riau tidak terjadi defisit, yang semula kita prediksi mencapai Rp1,9 triliun tidak terjadi," papar Hijazi.*(mok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang