Senin, 10 Juni 2019 12:54

Mei, Pekanbaru Alami Inflasi 0,68 Persen

Cabe merah dan tiket pesawat pemicu utama inflasi di Pekanbaru. Inflasi Mei sebesar 0,68 persen.

Riauterkini-PEKANBARU- Kepala BPS Riau, Aden Gultom, Senin (10/6/19) mengatakan bahwa pada Mei 2019, Riau mengalami inflasi sebesar 0,68 persen. Uniknya, inflasi di Riau sama persis dengan inflasi nasional. Yaitu sebesar 0,68 persen.

Menurutnya, penyebab utama inflasi di Riau adalah cabe merah, kentang dan bawang putih. Tapi bukan hanya itu, komoditi yang menjadi penyebab utama inflasi di Riau termasuk angkutan udara, angkutan antar kota (bus dan travel) juga menjadi penyebab inflasi.

Sementara, daging sapi pada Mei 2019 ini justru menjadi penyebab deflasi. Padahal biasanya, daging sapi menjadi salah satu komoditi yang menjadi penyebab inflasi di Riau.

"Daging sapi menjadi komoditi paling dicari konsumen saat memasuki Ramadhan dan lebaran. Hal itu menjadi salah satu penyebab utama inflasi. Tahun ini, justru daging sapi menjadi pemicu deflasi," terangnya.

Disinggung inflasi di Dumai dan Tembilahan yang juga menghitung indeks harga konsumen, Aden mengatakan bahwa Dumai dan Tembilahan mengalami inflasi relatif tinggi dibanding Pekanbaru.

Namun, tambahnya, penyebabnya sedikit berbeda. Jika di Pekanbaru pemicu utama inflasi adalah cabe merah dan harga tiket pesawat, di Dumai dan Tembilahan pemicu utama inflasi disebabkan cabe merah dan angkutan darat.*(H-we)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang