Jum’at, 7 Juni 2019 16:59

Hujan, Pekanbaru Dilanda Fenomena MJO

Hujan sering mengguyur Pekanbaru. Padahal saat ini musim kemarau. Inilah fenomena Maden Julian Osilation

Riauterkini-PEKANBARU-Kendati saat ini Pekanbaru berada pada musim kemarau, namun curah hujan di Pekanbaru dan Riau umumnya masih tinggi. Bahkan, malam takbiranpun Pekanbaru masih diguyur hujan.

Terkait hal itu, Prakirawan Stamet SSk II Pekanbaru, Sanya Gautami, Jum'at (7/6/19) mengatakan bahwa saat ini ada fenomena madden julian osilation (mjo) yang berada di wilayah Indonesia bagian Barat.

"MJO ini merupakan gugusan uap air (awan) , artinya uap air di wilayah Riau meningkat jumlahnya, sehingga pertumbuhan awan cukup bagus," terang Sanya.

Ia menambahkan, osilasi MJO biasanya 30-40 hari (1-8 fase) dan menjalar dari Barat ke timur. Saat ini berada pada fase 3 (wilayah indonesia bagian barat), dan tergantung dari kecepatan anginnya, bertahan berapa lama diatas wilayah Indonesia Barat.

"Diprediksi aktif di fase 3 Samudera Hindia (wilayah indonesia bagian barat) hingga pertengahan dasarian II Juni 2019," lanjutnya.

Berdasarkan peta prediksi spasial anomali OLR pada awal dasarian I Juni 2019, tambahnya, terbentuk wilayah konvektif basah yang memasuki wilayah Indonesia bagian barat dan terus meluas ke Indonesia tengah dan timur hingga pertengahan dasarian II Juni 2019.*(H-we)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang