Rabu, 5 Juni 2019 14:29

Dilepas Sekdakab, 31 Rumah Ibadah Pawai Takbir Idul Fitri 1440 H/2019 M di Bengkalis 

Sebanyak rumah ibadah meramaikan pawai takbir Idul Fitri 1440 Hijriyah. Kegiatan tersebut dilepas Sekdakab Bengkalis.

Riauterkini-BENGKALIS- Sebanyak 31 rumah ibadah yakni 15 dari utusan kelompok masjid dan 16 utusan kelompok musholla, memeriahkan Pawai Takbir menyabut Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 M di Bengkalis, Selasa (4/6/19) kemarin malam. 

Kegiatan resmi dilepas Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H. Bustami HY, di Jalan Ahmad Yani Lapangan Tugu Bengkalis turut dihadiri sejumlah unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Pawai dengan iring-iringan pejalan kaki sekitar seribuan orang tersebut, peserta juga membawa miniatur rumah ibadah, obor serta atribut-atribut Idul Fitri seperti miniatur ketupat dan lainnya. Kemudian juga seluruh peserta pawai juga mengiringi  dengan kalimat-kalimat tahlil, tahmid, memuji kebesaran Alloh SWT.

Kegiatan ini juga digelar seperti tahun sebelumnya, peserta pawai berkesempatan memperoleh hadiah yang disiapkan panitia karena diperlombakan. 

"Peserta seluruhnya 31 kelompok rumah ibadah. Tahun ini juga ada peningkatan dibandingkan tahun lalu," ungkap salah seorang panitia, Darwis ketika dikonfirmasi wartawan. 

Dia menambahkan, dan tahun ini setiap masjid dan musholla di berikan anggaran uang partisipasi untuk membantu pembuatan kendaraan hias sebesar Rp2,5 juta dan jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

Sanbutan Bupati Bengkalis Amril Mukminin dibacakan Sekda H. Bustami HY menyebutkan, dengan pelaksanaan Pawai Takbir Idul Fitri 1440 H tersebut merupakan satu usaha bersama untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam.

"Melalui pelaksanaan kegiatan ini hendaknya dapat menambah nilai-nilai keimanan, jiwa islamiah dan mensyiarkan Islam," ujarnya.

Pelepasan Pawai Takbir ditandai dengan takbir dari Kemenag Bengkalis dan dilanjutkan dengan pemukulan beduk dilaksanakan Sekda Bengkalis dan undangan yang hadir. Selama kegiatan berlangsung juga dikerahkan sekitar 50 orang aparat kepolisian untuk lakukan pengamanan.***(dik)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang