Senin, 3 Juni 2019 17:17

KPU Riau Umumkan Hasil Audit LPPDK

KPU Riau menerima hasil audit KAP terhadap LPPDK partai peserta pemilu. Untuk Riau, semua memenuhi kepatuhan audit.

Riauterkini-PEKANBARU-Senin (3/6/19) KPU Provinsi Riau mengumumkan hasil audit dari kantor akuntan publik (KAP) terhadap laporan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) 16 parpol peserta Pemilu di tingkat Provinsi Riau. Penyerahan dilakukan di kantor KPU Riau Jl Gajahmada Pekanbaru.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir usai penyerahan laporan LPPDK dari KAP. Menurutnya, bersamaan penyerahan hasil audit oleh KAP, KPU Provinsi Riau juga mengumumkan hasil audit calon DPD.

"Pengumuman ini merupakan amanah UU yang memerintahkan hasil audit KAP diumumkan ke publik oleh KPU Provinsi Riau," terangnya.

Jika pada hasil audit ditemukan ada hal-hal yang tidak patuh terhadap aturan akan ada sanksi yang diberikan, misalnya sanksi administrasi. Contohnya, KPU juga akan memberikan sanksi jika ditemukan penyumbang dana kampanye berasal dari pihak asing. 

Kemudian jika hingga batas akhir ditemukan parpol peserta pemilu dan caleg DPD tidak menyampaikan laporan akhir dana kampanye, maka calon yang terpilih dapat dibatalkan. Namun sanksi tersebut tidak berlaku bagi Pilpres, meskipun kedua paslon juga menyerahkan LPPDK.

Disinggung mengenai hasil audit KAP, Ketua KPU Riau memgatakan bahwa hasil audit KAP menyatakan semuanya menyerahkan LPPDK dan memenuhi kepatuhan audit.*(H-we)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang