Sabtu, 25 Mei 2019 13:11

Tanpa Dana Desa, Pembangunan Tak Kan Merata di Kuansing

Jika mengharapkan APBD dipastikan pembangunan tidak akan bisa terakomodir dengan merata. Dana desa merupakan salah-satu solusinya.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Jika mengharapkan APBD dipastikan pembangunan tidak akan bisa terakomodir dengan merata. Hal ini dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah.

Saat ini, pembangunan terlihat lebih menggeliat dari bawa melalui dana desa yang dikucurkan pusat. Jika tidak, masyarakat tidak akan dapat menikmati infrastruktur secara menyeluruh terutama yang berada di pedesaan.

Seperti akses-akses infrastruktur yang tidak tersentuh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, sekarang bisa diselesaikan masing-masing Desa.

Seperti jalan-jalan alternatif masyarakat, terutama yang berada di areal persawahan penduduk, kemudian Box Culver serta drainase.

Bahkan, ada beberapa desa membangun infrastruktur yang bisa menjadi incume untuk Desanya. Itu semua bersumber dari dana Desa.

Adapun Desa yang berhasil membangun infrastruktur bisa menjadi pemasukan untuk Desanya, seperi Desa Perhentian Luas, Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD) membangun embung pemandian dan tempat rekreasi.

Tiap hari libur dan hari-hari biasa objek embung ini banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk berekreasi, kemudian disegi ekonomi bisa juga menjadi pemasukan bagi warga sekitar dengan berjualan.

Kemudian di Desa Lubuk Kebun, masih Kecamatan yang sama, melalui dana Desa mereka berhasil membangun stadion mini yang bisa disewakan untuk turnamen.

Kemudian dari patauan riauterkini.com, Sabtu (25/5/2019) siang, Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai membangun drainase dan Box Culver, terlihat alat berat sedang melakukan pengerukan drainase. Anggaran pembangunannya ini, juga bersumber dari Alokasi Dana Desa.

Bahkan, dari keterangan Kades Benai Kecil, Irpan Maulana, melalui postingan facebooknya, dana Desa tersebut juga dialokasikan untuk pengembangan pertanian holtikultura sejenis bawang merah.

Untuk bidang pertanian ini, Desa Benai Kecil, terbilang sukses mengembangkan sejenis sayur-sayuran dan buah-buahan, beberapa kali Pemkab pernah diundang melakukan panen ke Desa tersebut.*** (Jok)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang