Rabu, 22 Mei 2019 07:13

Hadiri Nuzulul Qur'an, Wako Pekanbaru Jadi Amil.Zakat Masjid Mukarromah

Ada peristiwa unik usai peringati Nuzulul Quran di Masjid Al-Mukarramah, saat Walikota Pekanbaru jadi Amil Zakat.

Riauterkini - PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST, MT, melakukan safari Ramadhan malam ke-17 di Masjid Al Mukarramah yang berada di Jalan Ikhlas, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Selasa (21/5/2019).

Kunjungan Wali Kota dalam safari Ramadhan memberikan cinderamata berupa Al-Qur'an, jam dinding dan uang tunai sebesar Rp 10 juta sebagai bentuk silaturahmi yang ditunjuk ajarkan adat Melayu bahwa kelompok yang datang disarankan untuk membawa buah tangan.

Dalam safari Ramadhan malam ini, ada yang berbeda dari safari-safari Ramadhan yang dilakukan Wali Kota pada malam-malam sebelumnya.

Di Masjid Al-Mukarramah di malam ke-17 ini, selain dilakukan peringatan Nuzulul Qur'an, Wali Kota diberi kesempatan atau kepercayaan oleh masyarakat Kota Pekanbaru untuk menjemput/amil zakat.

Dalam sambutannya, Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT memberikan penjelasan terhadap tiga cedera mata yang dibawakannya. Pertama Al-Quran terjemahan maknanya selaku kepala daerah dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk gemar membaca dan paham terhadap Al-Quran serta bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, Jam Dinding maknanya sebagai pemimpin Kota Pekanbaru dirinya berharap kepada seluruh masyarakat untuk menghargai dan memanfaatkan waktu. Pasalnya muslim yang pintar itu adalah muslim yang mengatur waktunya dengan baik.

Terakhir, Infak seluruh ASN Kota Pekanbaru senilai Rp 10 Juta. Ini adalah bantuan dari Pemko Pekanbaru untuk pengembangan mesjid Al-Mukarramah.

"Semoga dengan adanya cendramata dari Pemko Pekanbaru dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat disekitaran mesjid Al-Mukarramah," harap Firdaus.

Di penghujung acara Safari Ramadan yang dilakukan Walikota Pekanbaru bersama rombongan, Firdaus juga dinyatakan sebagai Penjemput/Amil Zakat Kota Pekanbaru. Dan langsung deretan pejabat Pemko Pekanbaru seperti Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru , M Noer, Asisten I Setdako Pekanbaru , Azwan, Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru, M Jamil, Kepala Disnaker, Jhoni Sarikoen langsung membayarkan Zakatnya melalui Walikota Pekanbaru.

"InsyaAllah zakat yang saya terima dari pemberi zakat bisa disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Kepada masyarakat masih ada waktu 13 hari lagi jelang 1 Syawal 1440 H, ayo bayarlah Zakat Fitrah dan Zakat Mal segera," seru Firdaus.

Adapun peringatan Nuzul Qur'an malam itu juga dilakukan tausiah agama yang dilakukan oleh penceramah kondang, yakni Ustadz Dr. H. Saidul Amin, MA. (dan)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang