Selasa, 21 Mei 2019 14:38

Hampir Seluruh OPD Pemkab Pelalawan Habiskan Belanja ATK Rp80-Rp100 Juta/Tahun

Hampir seluruh OPD di Pemkab Pelalawan menghabiskan dana sekitar Rp100 juta/tahun hanya untuk membeli alat tulis.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI- Rata-rata di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Pelalawan menghabiskan, anggaran Rp 80 juta hingga Rp 100 juta setiap tahun.

Anggaran belanja sebanyak, itu bakal dihabiskan untuk pembelian Alat Tulis Kantor (ATK) di setiap OPD. Hal ini, terungkap pada buku APBD Pelalawan 2019 atau yang lebih dikenal dengan buku lintang.

Selain belanja rutin setiap tahunnya mesti ada, banyak lagi, belanja-belanja rumah tangga masing-masing OPD dinilai mubazir dan muncul pada buku APBD.

Belanja yang dimaksud. Misalnya, pengadaan pewangi ruangan, nilainya, tidak logis. Bahkan, pengadan ember, cabak, cangkul, sikat pembersih kamar mandi.

Tidak saja, sampai disitu, perawatan mobil dinas (Mobnas), disetiap OPD muncul pada buku lintang, dengan angka bervariasi.

Salah satu contoh, belanja dan jasa disalah satu OPD, dianggarkan untuk perawatan kenderaan roda empat untuk satu unit, Rp 2,5 juta sedangkan untuk kenderaan roda dua, dianggarkan untuk biaya perawatan untuk satu unit Rp 350 ribu.

Angka yang paling mengejutkan, adalah belanja barang dan jasa berupa perjalanan dinas. Misalnya, disalah satu OPD tertera pada buku lintang, belanja perjalanan dinas pada APBD Murni senilai Rp 250 juta. Rinciannya, belanja perjalanan dinas ini meliputi belanja perjalan dinas dalam daerah Rp 100 juta dan belanja perjalanan dinas luar daerah Rp 150 juta.***(feb)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang